FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – SPOTLIGHT

spot 1Director : Tom McCarthy

Starring : Michael Keaton, Mark Ruffalo, Rachel McAdams, Liv Schreiber, John Slattery, Stanley Tucci, Brian d’Arcy James, Bill Crudup

Apa tugas dari seorang jurnalis? Meliput berita? Lebih dari itu! Layaknya detektif, mereka harus mengungkapkan kebenaran. Walaupun hal tersebut akan sangat menyakitkan. Spotlight mengangkat kisah nyata yang menghentak dunia. Uniknya, film ini malah sangat disukai di negara yang memiliki kaitan erat dengan target operasi mereka; Vatikan. Ketika semua orang fokus dan menyanjung Star Wars: The Force Awakens setinggi langit akhir tahun lalu, hanya Vatikan yang tidak setuju. Mereka lebih menyukai Spotlight, film yang membeberkan borok gereja.

Film ini menceritakan tentang kisah nyata yang terjadi pada tahun 2001. Kejadian yang membuahkan hadiah Pulitzer bagi kantor berita The Boston Globe. Semua ini bermula ketika Marty Baron ( Schreiber ) memerintahkan sebuah tim untuk menginvestigasi kasus John Geoghan, seorang pastor yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap 80 anak laki-laki. Tim yang berisi lima orang jurnalis tersebut kemudian berusaha mengumpulkan bukti dan mencoba untuk membongkar dokumen-dokumen yang bersifat sensitif dan rahasia. Tugas mereka semakin berat karena skandal tersebut turut melibatkan instansi tertua dan terpercaya dunia, Gereja Katolik Roma. This movie will expose the sins of the fathers!

tom

Tom McCarthy, director of “Spotlight”

Film ini tidak hanya mengandalkan cerita yang nyata, sangat berani, dan kontroversial. Daya tarik lain dari Spotlight adalah keakuratan penulisannya. Selain menjadi sutradara, Tom McCarthy ( The Cobbler ) juga berperan sebagai scriptwriter di film ini. Dan dengan penceritaan yang apik dan kuat di setiap jengkalnya, Spotlight menjadi salah satu unggulan utama untuk menang di kategori yang paling bergengsi tahun ini yaitu “Best Picture” Oscars 2016. Walaupun The Revenant mendominasi dengan 12 nominasi, namun perlahan tapi pasti film ini semakin menunjukkan taji. Setelah memenangkan hadiah utama di Critics Choice Awards, Spotlight kembali Berjaya dengan memenangi kategori bergengsi lainnya, “Best Ensemble” di Screen Actors Guild Awards 2016.

markmike

Mark Ruffalo (Kiri), and Mike Rezendes (Kanan)

Anyway, selain “Best Picture”, Spotlight juga mendapatkan nominasi bergengsi lainnya seperti “Best Supporting Actor”, dan “Best Supporting Actress”. Hebatnya, para aktor yang terlibat mendapatkan pengalaman berharga saat menjalani proses syuting. Mark berperan sebagai Mike Rezendes, anjing pelacak bagi Team Spotlight. “Aku tidak tahu apakah Ia selalu begitu,” ungkap Mark mengenai Mike Rezendes asli kepada kanal The Guardian. “Apa yang Ia lihat adalah melakukan kebaikan untuk masyarakat, dan itu hal yang benar. Ia seorang wartawan yang hebat karena melakukan tugasnya dengan penuh kegigihan tanpa memandang status atau titel seseorang. Hal-hal tersebut tidak dapat menjaga orang-orang keparat ini lari dari kebenaran, dan itu adalah jurnalisme yang sesungguhnya”. Spotlight gives journalists the justice they deserved.

rachelsacha

Rachel McAdams (kiri), and Sacha Pfeiffer (kanan)

Berbeda dengan Mark yang mengungkapkan kekagumannya terhadap tokoh asli yang dipelajari, Sacha Pfeiffer menyanjung pelakonnya setinggi langit. Karakter Sacha diperankan oleh Rachel McAdams, dan sejauh ini Sacha sangat puas. Menurutnya, aktris berusia 37 tahun ini sangat rajin dan bahkan mampu menangkap tingkah-laku yang bahkan Ia sendiri tidak sadar. “Kerja kerasnya sungguh luar biasa,” ungkap Sacha kepada PEOPLE MAGAZINE. “Kamu harus lihat apa yang Rachel lakukan di balik layar. Dia memiliki insting jurnalistik yang tajam. Aku pernah mendapatkan pesan di siang bolong darinya yang bertanya, ‘Bagaimana kamu melakukan ini, dan apa sepatu yang kamu pakai di sini?’ She bugged me!”.

spot 2

So, apakah kerja keras mereka semua akan terbayar dengan meraih hadiah utama akhir Februari nanti? Tonton dulu filmnya di jaringan Cinemaxx dan CGV mulai Rabu ini (17/2). 🙂

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s