FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – ROOM

room 1Director : Lenny Abrahamson

Starring : Brie Larson, Jacob Tremblay, Sean Bridgers, Joan Allen, Wlliam H. Macy

Kuda hitam. Itulah sebutan yang paling tepat untuk menggambarkan secara singkat film yang diangkat dari novel best-seller karya Emma Donoghue ini. Bagaimana tidak, Room, yang sangat jarang terdengar gaungnya sebelum awards season, tiba-tiba menjadi salah satu sorotan berkat empat nominasi Oscars dan penghargaan pemeran utama wanita terbaik untuk Brie Larson di seluruh acara pengangurehan. Akhir tahun lalu, saya tidak berpikir sedikitpun mengenai film ini. Setelah nominasi Oscar dibacakan, film ini tiba-tiba menjadi salah satu buah bibir para kritikus dan pecinta film di Amerika Serikat dan itu membuat saya ngeh. Kini, Room menjadi salah satu kandidat terkuat setelah teman-teman kantor yang awalnya seakan skeptis langsung berubah haluan, dan secara tiba-tiba film ini rilis di sinema. Jadi, film ini tuh sebenarnya tentang apa ya?

brie

Majalah TOTAL FILM UK edisi 242 menulis bahwa kamu tidak perlu gelisah atau merasa klaustrofobik terhadap film ini, walaupun memang Room bersetting di dalam ruangan tertutup. Meskipun begitu, film ini bukan film horor ya, Cinefellas. Room adalah sebuah film yang menceritakan tentang cinta, harapan, dan juga keberlangsungan hidup dari dua karakter utamanya; Jack ( Tremblay ), dan Ma ( Larson ). Diceritakan sebuah ruangan seakan-akan telah menjadi rumah bagi Ma untuk tujuh tahun lamanya. Waktu tersebut dia habiskan karena ulah seseorang bernama Old Nick ( Bridgers ). Lima tahun terakhir dari masa tersebut dihabiskan oleh Ma untuk membesarkan seorang bocah kecil bernama Jack, yang mereprsentasikan ruangan tersebut sebagai dunia secara keseluruhan.

Layaknya ibu pada umumnya, Ma kemudian menginginkan Jack selalu aman dan bahagia. Maka dari itu, dalam kurun waktu tersebut Ma dan Jack tinggal bersama dan Ma (yang memiliki nama asli Joy) berusaha untuk menjelaskan kepada Jack tentang dunia di dalam ruangan yang kecil. Namun, rasa ingin tahu Jack yang besar membuat Ma memutuskan untuk keluar dari ruangan tersebut. Pelarian Ma dan Jack kemudian membawa mereka berdua pada sesuatu yang menakutkan, yaitu dunia nyata itu sendiri.

room 2

Brie Larson dan Jacob Temblay adalah jantung film ini. Penampilan mereka berdua yang sangat solid membuahkan begitu banyak pujian dari para kritikus, terbukti dengan berbagai penghargaan yang didapatkan oleh Brie. Tercatat hingga tulisan ini dimuat, aktris asal Sacramento – California ini sudah memborong piala Golden Globe bulan lalu, Critics Choice Awards, dan yang terakhir; SAG ( Scree Actors Guild ) Awards yang katanya menjadi “persinggahan terakhir” sebelum mendapatkan hadiah utama yaitu Oscar pada akhir Februari nanti. Perlu dicatat, Brie masih sangat mungkin menambah koleksi pialanya jika menang lagi di BAFTA, yang acaranya baru diselenggarakan tepat saat Valentine’s Day.

room 3

Kepada para wartawan Brie mengungkapkan beberapa hal yang luar biasa di Room. Salah satunya adalah ketika Ia harus menjadi seorang ibu bagi Jacob Tremblay, aktor cilik Hollywood bermasa depan super cerah. “Aku betul-betul menemukan kapasitasku untuk mencintai seseorang setelah bekerja sama dengan Jacob yang sungguh polos dan murni. Insting alami untuk melindungi anak ini datang begitu mudah,” ungkap aktris yang juga bermain sebagai saudari Amy Schumer di film Trainwreck ini. Selain itu, berkat Room, Brie juga memiliki apresiasi baru untuk para wanita di luar sana. “Mereka adalah adalah figur yang kuat, pemimpin yang hebat. Aku sangat menikmati masa-masa ini sekarang. Ketika wanita mulai berani bercerita tentang kehidupan mereka, tentang perjuangan mereka, tentang cinta mereka, tentang bagaimana mereka berharap bisa menjadi apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereka mendapatkannya. Aku sangat terinspirasi oleh begitu banyak wanita sekarang”.

room 4

Jadi, sekeras apa perjuangan Ma dalam mengasuh dan melindungi Jack? Dan apa yang akan mereka hadapi di dunia nyata? Mengapa film ini terasa begitu spesial, bahkan sampai digelari “film adaptasi novel terbaik”? Temukan jawabannya mulai midnight ini di bioskop jaringan 21 favoritmu.

@adam_sarga

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s