FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – A COPY OF MY MIND

copy 3Director : Joko Anwar

Starring : Tara Basro, Chicco Jerikho, Ario Bayu, Paul Agusta, Maera Panigoro

Sesuatu yang dekat dengan rutinitas sehari-hari memang lebih mudah difilmkan dan lebih membumi. Siapa nyana lapak DVD bajakan yang menjamur di ibukota bisa menjadi ide cerita yang menarik. Bahkan berkat kepiawaiannya meramu cerita berlatar DVD bajakan ini Joko Anwar meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik di Festival Film Indonesia 2015

Film ini menuturkan pertemuan antara gadis pekerja salon bernama Sari ( Tara Basro ) dan penerjemah subtitle di DVD bajakan bernama Alek ( Chicco Jerikho ). Takdir mereka dipertautkan oleh DVD bajakan dimana Sari memiliki rutinitas membeli dan menonton DVD bajakan sepulang kerja. Suatu kali Sari merasa kecewa dengan hasil terjemahan Alek, ia pun tanpa ragu menumpahkan kekecewaannya pada Alek bahkan menuntut ganti rugi. Konflik mulai memanas ketika Sari mengambil secara diam-diam DVD milik pengunjung salon. Rupanya DVD tersebut bukan sembarangan. Ada rahasia besar yang terekam dalam DVD tersebut. Sejak itu Sari dan Alek merasa hidupnya tak bakal sedamai dulu.

copy 1

Meskipun temanya sekilas nampak berat karena menyinggung politik namun berkat akting yang natural dari kedua pemain serta topiknya yang lekat dengan keseharian film ini menarik perhatian banyak pecinta film. Akting Tara Basro di sini dipuji dan meraih penghargaan pemeran utama wanita terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2015.

Ada berbagai hal menarik tentang pembuatan film ini yang tidak banyak diketahui umum. Siapa sangka film yang diganjar berbagai penghargaan seperti Geber Awards di Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2015 serta diputar di Busan International Film Festival dan Venice Film Festival ke-72 ini rupanya berbujet rendah dengan jumlah kru yang minimal. A Copy of My Mind ini hanya beranggaran kurang dari Rp 250 juta dengan 20 kru.

copy 2

Proses syutingnya juga unik dimana pemain tidak dibekali naskah. Para pemain berlatih dengan durasi yang cukup panjang dibandingkan proses syutingnya sehingga chemistry antar pemain begitu terlihat dan aktingnya terasa natural dan spontan.

Dengan kesuksesan A Copy of My Mind mendulang berbagai penghargaan, film ini diduga bakal laris di pemutaran di jaringan bioskop tanah air. Ssst…konon Joko Anwar antusias untuk membuat sekuelnya dengan judul A Copy of My Soul. šŸ™‚

@dewi_puspa00

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s