FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – THE PROGRAM

program 2Director : Stephen Frears

Starring : Ben Foster, Chris O’Dowd, Lee Pace, Jesse Plemons, Dustin Hoffman

A deep tour into the biggest, most shocking scandal in sport history.

Bukan rahasia lagi jika hasrat untuk menang adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang atlet. Keinginan untuk menjadi yang terbaik seakan menjadi gen dan telah menancap kuat di kepala mereka. Namun sayang, banyak pula dari atlet terbaik dunia menggunakan “jalan pintas” untuk mencapai tujuannya. Lance Armstrong, juara Tour de France tujuh kali adalah salah satu diantaranya. Pengakuan Lance di acara Oprah Winfrey menjadi pengakuan paling mengejutkan tentang penggunaan obat-obatan terlarang dalam sejarah dunia olahraga. Kasusnya sendiri menjadi kasus terbesar dan kontroversial karena Lance ternyata menggunakan doping saat mendapatkan seluruh gelarnya.

dowdd

Salah satu bahan rujukan yang berarti untuk film The Program adalah buku karya David Walsh ( O’Dowd ) berjudul “Seven Deadly Sins: My Pursuit of Lance Armstrong”. David sendiri tentu tidak setenar Lance. Ia hanyalah seorang jurnalis dari Irlandia yang memiliki hubungan cukup dekat dengan Lance sejak lama. David merupakan orang yang pertama kali menyadari talenta besar Lance, walaupun Ia ragu apakah Lance bisa bersinar di kompetisi sepeda terberat di dunia, Tour de France. Performa Lance yang menakjubkan setelah sembuh dari kanker malah tidak membuat David senang. David justru curiga bahwa kemenangan Lance ini melibatkan penggunaan obat terlarang. Ia lalu berusaha mengumpulkan bukti demi membongkar kebohongan jagoannya tersebut.

foster 1

Anyway, Ben Foster harus diapresiasi lebih di film ini. Selain beban berat untuk memerankan karakter yang masih hidup, Ben, yang mengaku tidak mengikuti ajang Tour de France dan hanya tahu tentang Lance alakadarnya ini kemudian harus menurunkan berat badannya hingga 30 ponds dalam waktu enam pekan melalui diet yang menyiksa. Tapi, yang paling memancing perhatian adalah ketika dirinya berkata pada kanal Guradian bahwa salah satu persiapannya untuk peran Lance Armstrong adalah turut menggunakan obat yang sama dengan yang digunakan Lance untuk menjadi juara dunia. “Saya ingin benar-benar merasakan apa yang dialami oleh Lance hingga detil terkecil, yaitu sel-sel tubuhnya,” ungkap Ben. “Bagi saya, ini adalah sesuatu yang sangat pribadi untuk bisa dipahami. Ini semacam ritual. Bekerja sebagai aktor menawarkanmu kesempatan untuk menjelajahi banyak hal, dan saya melakukan apa yang telah dilakukan Lance dan timnya selama ini”.

foster 2

Well, apakah obat tersebut benar-benar manjur? “Ya. obatnya bekerja. Itu seperti membentuk tubuhmu. Kamu tidak akan bisa berhenti walaupun biasanya saat itu kamu merasa lelah. Namun yang paling berbahaya dari ini adalah di saat kamu sudah tidak mengkonsumsinya lagi. Tubuhmu tidak lagi memproduksi Oksigen dalam jumlah yang biasanya (ketika masih menggunakan obat), sehingga tubuh mengalami defisit alias beranjak kembali normal. Nah, justru keadaan seperti ini yang membuat hidupmu menjadi sedikit rumit.” Jadi apakah Ben menyarankan kita untuk menggunakan obat tersebut? “Saya tidak menyarankan ini untuk atlet lain, atau aktor, atau siapapun. Penggunaannya harus berada di bawah pengawasan dokter dengan sangat, sangat keras”.

foster 3

Lebih jauh, The Program menujukkan keterkaitan antara kisah hidup Lance yang penuh dilema untuk menjadi yang terbaik bagaimanapun caranya, dan juga karirnya sebagai aktor. Dan ya, kita dapat mengambil banyak pelajaran berharga sebagai orang biasa. “Mengambil suatu pekerjaan ibarat jatuh cinta. Kita mencurahkan segala yang kita punya. Kita memberikan pemikiran terbaik, rela terjaga hingga malam hari, kamu berada di kondisi puncak. Saya sendiri yakin ada orang yang ingin dianggap terbaik oleh lingkungan sekitarnya,” ujar Ben kepada Entertainment Weekly. “Bagi saya, kompetisi itu lebih kepada melawan diri sendiri daripada berhadapan dengan komunitas yang ada. Dan saya pikir, Lance berada di sisi lainnya. Ia benar-benar berjuang melawan dunia, dan dengan caranya sendiri Ia berusaha keras untuk tetap bertahan”.

program 3

So, mau tahu seberapa kuatnya tekad Lance untuk menjadi juara dunia walaupun menemui banyak rintangan? Bagaimana caranya dia bisa mengelabui dan menutupi kebohongan ini bertahun-tahun lamanya? “Tour de Lance” sudah dimulai di seluruh bioksop jaringan CGV, dan Cinemaxx favoritmu mulai hari ini. Ayo gowes!! 😀

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s