Tak Berkategori

WHAT WE SAY – THE BIG SHORT

big-short-posterDirector: Adam McKay

Starring: Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling, Brad Pitt, John Magaro, Finn Wittrock, Marisa Tomei

Score: 8/10

“Manusia memercayai hal yang menjadi kebiasaan di masa sekarang akan terus terjadi di masa depan, seperti bola basket yang terus-menerus masuk ke dalam ring”. Dalam The Big Short, perumpamaan tersebut menggambarkan tentang kegiatan investasi perumahan yang terus menguntungkan. Ternyata, dengan dipengaruhi satu dan lain hal, investasi perumahan dapat menjadi hal yang merugikan bahkan dapat memicu krisis suatu negara! Diangkat dari buku berjudul The Big Short: Inside the Doomsday Machine karya Michael Lewis pada tahun 2010 lalu, film ini menceritakan tentang empat kelompok yang lebih dulu menemukan adanya ketidakberesan dalam tren investasi di Amerika yang dapat memberhentikan roda ekonomi, dan tentang apa yang selanjutnya mereka lakukan: menyelamatkan dirinya dan orang lain, atau malah mengambil kesempatan dari fenomena naas tersebut.
thebigshort-mv-6Awalnya, Michael Burry, seorang hedge fund manager yang anti sosial di Scion Capital, menemukan data keterlambatan pembayaran para debitur. Data tersebut menunjukkan semakin melonjaknya jumlah  debitur yang memiliki hutang yang telah jatuh tempo. Tren investasi dengan konsumsi kredit berlebihan yang melanda masyarakat Amerika pada tahun 2000-an itu berakibat pada kredit macet, yang berujung pada keruntuhan finansial Amerika delapan tahun yang lalu! Burry yang pada waktu itu melihat kemungkinan terjadinya krisis ini di masa depan, berniat  melipatgandakan keuntungan para investor di perusahaannya dengan cara melawan arus: melawan bank terhadap pasar properti. Atas tindakannya itu, berbagai serangan cercaan dan tuntutan datang menemui Burry dari para investornya. Yang dilakukan Burry memang sangat beresiko, namun tidak ada pahlawan dalam film ini. Tidak Michael Burry sekalipun. Yang ada dalam film adalah dua dari sisi manusiawi: keserakahan dan hati nurani. Jika perhitungannya tepat, bank-bank besar akan bangkrut sementara Scion bakal untung besar. Jika tidak, Scion lah yang akan bangkrut dengan sendirinya.

MV5BMTUwMTAwODEzNF5BMl5BanBnXkFtZTgwNjQ5NzM0NzE@._V1__SX1303_SY585_Meski tetap membesut film bergenre komedi, membelotnya McKay dari film-filmnya yang ringan ke film yang jauh lebih serius dengan masalah yang sangat rumit ini patut diapresiasi. Diantara deretan aktor peraih maupun nominator Oscar yang mengisi film ini, sutradara Adam McKay tetap menjadi bintang utamanya. Pasalnya, ia berhasil menyampaikan film yang banyak terdapat istilah dan teori ekonomi yang sangat rumit ini dengan gaya satir yang menyenangkan!

Gaya bertutur film ini terkesan asik. Ryan Gosling yang sempat vakum beberapa lama dari berakting, memiliki dua tugas dalam film ini. Ia memerankan Jared Vennett, trader keren dan persuasif dari Deutsche Bank, sekaligus sebagai narator. Selain itu, beberapa selebriti juga muncul sebagai cameo yang memberikan kuliah singkat tentang istilah-istilah finansial, diantaranya: Margot Robbie, Anthony Bourdain, dan Selena Gomez.thebigshort-mv-11Dengan footage-footage yang mengiringi di sepanjang film, kita diperlihatkan dua sudut pandang berbeda: dari elit ekonomi dan orang-orang biasa. Seakan memiliki kemampuan melihat dunia lain, para pebisnis dan pelaku ekonomi tingkat tinggi melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang-orang biasa. Dalam banyak footage yang ditampilkan, terlihat orang-orang menjalani hari-harinya dengan normal tanpa mengetahui datangnya krisis global yang akan membuatnya kehilangan pekerjaan dan rumah-rumah mereka.
MV5BMjEyMzg2NjMxNV5BMl5BanBnXkFtZTgwNzg5NzM0NzE@._V1__SX1303_SY585_Dan bagaimana dengan karakter-karakternya? Selain penampilan impresif dari Christian Bale, karakter yang diperankan Steve Carell, Brad Pitt, John Magaro dan Finn Wittrock juga tidak kalah menarik, dan kesemuanya diperankan dengan sangat baik. Steve Carell memerankan Mark Baum, seorang hedge fund manager lainnya di Front Point Partner yang skeptis. Mark Baum dan tim miliknya selanjutnya bergabung dengan Jared Vennett yang telah mengetahui berita tentang Michael Burry dan secara rasional memercayai teori Burry. Mark Baum merupakan tokoh kunci disini. Ia yang masih tidak memercayai Vennett, berusaha mencari bukti di lapangan yang mampu menjelaskan teori Burry tersebut. Nah, disinilah penonton selain mendapat penerangan secara langsung dan sama jelasnya seperti yang Baum lihat, juga disuguhkan realita tentang kerakusan manusia dan kebusukan dari ekonomi dunia.thebigshort-mv-14Last but not least, setelah mengarungi gemerlap kehidupan orang-orang kelas atas Amerika, mengalami experience akan sisi kelam ekonomi dunia, kita diajak mempertanyakan kembali arti hidup lewat karakter seorang mantan pialang saham nyentrik yang bernama Ben Rickert (Brad Pitt). Dua investor muda, Charlie (John Magaro) dan Jamie (Finn Wittrock) ingin menjadi kaya dengan bermain di area investasi yang lebih besar, namun mereka harus terdaftar sebagai member dalam asosiasi dagang ISDA. Karena itu, mereka meminta bantuan Rickert. Charlie dan Jamie yang terinspirasi akan pernyataan housing bubble Michael Burry, melakukan hal yang sama persis yang dilakukan oleh Burry. Sesaat setelah kedua bibit investor ini girang karena akan mendapatkan keuntungan pribadi dari krisis finansial di depan mata, Rickert memberi pernyataan yang mengiris hati setiap manusia mengenai alasan mengapa ia membenci dunia yang dulu pernah dijejakinya.
thebigshort-mv-8

@mutshiaa

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s