Tak Berkategori

WHAT WE SAY – STAR WARS : THE FORCE AWAKENS

sw

Director: J.J.Abrams

Cast     : Harrison Ford, Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver, John Boyega, Daisy Ridley, Oscar Isaac

Score : 8/10

Spoiler Alert !

The Force is strong with us! Halo, kita kembali berjumpa dengan film Star Wars. Setelah sekian lama dinanti, Star Wars Episode VII: The Force Awakens tayang di bioskop tanah air pada tanggal 18 Desember 2015. Berikut kami sajikan ulasan dari Star Wars Episode VII: The Force Awakens 😀

sw

Sudah menjadi ciri khas dari setiap film Star Wars bahwa penonton akan disajikan cerita pembuka atau intro melalui running text yang diiringi musik orkestra. Sejak munculnya intro, penonton dibuat sangat penasaran dengan kabar bahwa Luke Skywalker ( Mark Hamill ) menghilang. Sang Jedi Master menghilang dan keberadaannya dicari oleh dua pihak, First Order dan Resistance. First Order adalah gerakan yang berusaha mengembalikan kejayaan Galactic Empire yang disajikan di Episode IV-VI, dan mereka ingin memusnahkan Luke sebagai Jedi terakhir. Lain halnya dengan Resistance, kelompok ini merupakan gerakan yang dipimpin oleh Jenderal Leia Organa ( Carrie Fisher ) dalam melawan gerakan First Order. Leia memberi perintah kepada pilot terbaiknya yang bernama Poe Dameron( Oscar Isaac ) untuk mencari jejak kepergian Luke. Keberadaan Luke sangat dibutuhkan untuk membawa keseimbangan dalam “Force”.

sw 1

Poe mencari jejak Luke dengan mendatangi seorang elder sebuah masyarakat di planet Jakku, malang nasibnya pertemuan ini berlangsung singkat karena pasukan First Order tiba dan dipimpin langsung oleh Kylo Ren ( Adam Driver ). Tanpa belas kasih, masyarakat kecil di planet Jakku ini dibasmi tanpa ampun dan pada babak ini kita akan mengenal tokoh baru bernama Finn ( John Boyega ). Finn merupakan seorang prajurit Stormtrooper yang “tobat”, karena ia merasa apa yang dilakukan oleh First Order adalah salah. Dengan ditaklukannya masyarakat kecil di Jakku tersebut, Poe ditahan oleh para Stormtrooper dan dijadikan tawanan untuk diinterogasi oleh Kylo Ren. Di sisi lain kita juga akan mengenal karakter baru lainnya yaitu Rey ( Daisy Ridley ), ia adalah seorang scavenger atau pencari barang bekas. Rey adalah seorang gadis cerdas yang memiliki tubuh atletis, hal ini dapat kita lihat melalui sepak terjangnya di film.

adam

Keempat karakter baru yang terdiri dari Kylo Ren, Finn, Rey dan Poe memberi warna segar dalam film ini. Keempat karakter ini memiliki hubungan dengan karakter lama seperti Leia dan Han Solo (Harrison Ford), contohnya adalah Kylo Ren. Penampilan Adam Driver sebagai Kylo Ren tidak sekedar berperan menjadi karakter antagonis, wajahnya yang mirip dengan Harrison Ford/Han Solo di tahun 70-an memiliki makna yang dalam. Fakta mengejutkan dari kisah film ini adalah Kylo Ren merupakan putra dari Han dan Leia, selain itu ia juga pernah dilatih menjadi Jedi oleh Luke Skywalker sebelum berkhianat ke sisi gelap “Force”.

poe

Salah satu adegan paling keren dalam film ini adalah ketika Poe memimpin sekelompok pilot Resistance untuk menyerang First Order, di saat bersamaan Han,Chewbacca dan Finn hampir menyerah pada pasukan Stormtrooper. Kehadiran Poe menjadi sosok penyelamat bagi Han dan kawan-kawan. Selain lihai menjadi mata-mata, Poe juga seorang pemimpin regu pilot yang hebat. Aksinya bermain dengan pesawat X-Wing Fighter mampu memukau mata penonton. Film Star Wars akan terasa kurang tanpa adegan duel lightsaber, tenang saja karena film ini menyediakan beberapa adegan tersebut. Kylo Ren melakukan duel lightsaber melawan Finn, dan uniknya Finn menggunakan lightsaber bercahaya biru milik Luke yang hilang dalam pertarungan Bespin ( Episode V ). Lightsaber milik Luke ini pada awalnya ditemukan oleh Rey di gudang milik Maz Kanata ( Lupita Nyong’o ) dan benda ini seolah-olah ditampilkan sebagai benda pusaka di film ini.

phasma

Pertarungan antara Finn dan Kylo Ren tergolong biasa saja, koreo dalam adegan ini hanya memperlihatkan kedua karakter bertarung dengan kekuatan fisik. Terlihat seperti pertarungan dengan pedang biasa, bukan lightsaber. Lain hal nya kala Kylo Ren harus berhadapan dengan Rey, pertarungan ini layaknya seorang Jedi melawan Sith seperti yang ditampilkan di film-film sebelumnya. Satu hal lagi yang menjadi sorotan kami adalah Captain Phasma yang diperankan oleh Gwendoline Christie. Harapan para penggemar cukup besar mengenai tokoh pimpinan Stormtrooper berwarna perak yang satu ini. Trailer film seolah-olah membuat karakter ini sebanding dengan Bobba Fett, sayangnya hal ini tidak terjadi setelah kita menonton filmnya. Captain Phasma hanya muncul sedikit sepanjang film, dan ia dengan mudah dapat ditundukkan.

star wars

Star Wars Episode VII: The Force Awakens membangkitkan gairah para penggemar di seluruh dunia. Kembalinya tokoh-tokoh lama menjadi nostalgia bagi para penggemar setia yang menikmatinya sejak tahun 1977, sementara karakter baru merupakan penyegaran dan daya tarik bagi generasi pecinta Star Wars yang baru. Beberapa adegan di film ini akan membuat kita Deja Vu lho! May The Force Be With You. 🙂

@D_sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s