Tak Berkategori

FRESHMOVIE – BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA


turo_1sheet02_text

Director: Rizal Mantovani
Starring: Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Nino Fernandez, Rianti Cartwright, Hannah Alrasyid

Setelah sukses meraup jutaan penonton dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa 1 dan 2 pada 2013 dan 2014 lalu, Maxima Pictures kembali mengangkat novel karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra ke layar lebar. Faktanya, film yang terinspirasi dari perjalanan pasangan penulis ini telah ditayangkan di festival-festival di Asia dan Eropa, lho. Jika sebelumnya menceritakan tentang perjalanan spiritual diri Hanum (Acha Septriasa) di Eropa, tepatnya di tempat-tempat bersejarah masa kejayaan Islam abad ke-10, kini ia mengemban misi yang lebih besar, dan, jauh lebih serius!
BTDLA4

Hanum yang bekerja sebagai jurnalis di sebuah kantor berita di Wina, kini berada di bawah langit Amerika. Ia ditugaskan bos redaksinya untuk menulis sebuah artikel provokatif yang berjudul “Would the world be better without Islam?” demi mendongkrak koran mereka yang kian menuju kebangkrutan. Bosnya memintanya untuk mewawancarai narasumber yang berasal dari pihak muslim dan non muslim, yang mana keduanya merupakan keluarga dari korban tragedi 9/11. Secara kebetulan, Rangga (Abimana Aryasatya) harus melengkapi persyaratan kuliah doktoratnya dengan cara mewawancarai seorang milyuner dan filantropi Amerika bernama Philipus Brown bertepatan dengan agenda pidato Brown di sebuah konferensi Internasional.

BTDLA5

Film ini diakui telah menghabiskan biaya sekitar 15 Milyar rupiah untuk mewujudkan beberapa adegan kompleks di WTC, perijinan untuk shooting di beberapa tempat eksklusif seperti di museum dan di Ground Zero. Selain itu, film ini melibatkan setidaknya 20 pemain luar negeri serta band asal London, Akarna, dan entertainer asal Malaysia, Miss Azura sebagai penyanyi dari original soundtrack-nya. Tidak ketinggalan, satu lagi karakter lama film ini yaitu Stefan yang liberal (Nino Fernandez) juga turut meramaikan sekuel kedua ini dengan perdebatan serunya dengan Rangga yang religius.

BTDLA1Anyway, film ini begitu relevan untuk ditonton mengingat peristiwa-peristiwa yang baru saja terjadi dan kaitannya dengan perspektif terorisme dan Islam. Hanum Salsabiela Rais juga dengan bergairah menyampaikan harapannya tentang menumbuhkan kembali pride sebagai muslim dengan menonton film ini. Apakah film ini mampu menwujudkannya? 

poster-karakter-bulan-terbelah-di-langit-america

 @mutshiaa

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s