Tak Berkategori

WHAT WE SAY – IN THE HEART OF THE SEA

sea 1

Director : Ron Howard

Starring : Chris Hemsworth, Tom Holland, Benjamin Walker, Cillian Murphy, Ben Whishaw, Charlotte Riley, Brendan Gleeson, Frank Dillane, Michelle Fairley

Score : 8/10

Film survival yang keren adalah film yang berhasil mengajak penontonnya untuk ikut merasakan apa yang dialami oleh mereka yang selamat. Dan bagi saya pribadi, In The Heart of The Sea memberikan hal tersebut dengan sangat jelas, secara perlahan.

sea 4

Film ini sempat mengundang perhatian banyak orang karena tanggal rilisnya yang tiba-tiba saja mundur dari awal hingga ke akhir tahun ini. Banyak yang beranggapan hal tersebut dikarenakan sutradara Ron Howard mengincar nominasi Oscar di awards season nanti. Namun, Ron, yang awalnya dikenal sebagai aktor, menampik hal tersebut. Kepada media Ia mengatakan bahwa dimundurkannya perilisan In The Heart of The Sea karena faktor penonton semata. Well, tidak ada yang tahu pasti isi hati seorang Ron Howard, namun tidak ada salahnya juga untuk berharap lebih.

sea 1In The Heart of The Sea menceritakan tentang dua orang yang memiliki kuasa di atas kapal pemburu paus Essex ; Kapten George Pollard, dan Owen Chase. Owen ( Hemsworth ) adalah pemburu paus berpengalaman nan handal sedangkan George Pollard ( Walker ) adalah anak orang kaya, yang berhasil menjadi kapten kapal berkat nama besar keluarganya semata. Mereka berdua, yang saling tidak menyukai satu sama lain ini, kemudian harus berlayar untuk mendapatkan 200 galon minyak ikan paus agar dapat menjalankan roda perekonomian di Nantucket, Massachusetts pada tahun 1820. Bagaimana cara mendapatkan minyak tersebut? Tentu saja dengan berburu ikan paus.

pollard

Setelah berlayar selama berbulan-bulan, mereka baru mendapatkan satu paus saja. Masih membutuhkan banyak tangkapan namun sudah terancam akibat persediaan makanan yang semakin menipis, kapal Essex akhirnya menepi ke daerah Ekuador. Di negara latin tersebut, Kapten Pollard, Owen dan Matthew Joy ( Murphy ) kemudian bertemu dengan seorang kapten kapal asal Spanyol. Mendengar ceritanya, ketiga orang ini akhirnya menjadi serakah. Tanpa pikir panjang, Essex langsung berlayar ke Pasifik tanpa menghiraukan bahaya besar yang menghantam mereka langsung di lokasi kejadian.

sea 4

In The Heart of The Sea berasal dari buku berjudul sama karya Nathaniel Philbrick yang terbit tahun 2000. Buku tersebut memanfaatkan cerita yang berasal dari catatan tangan Sir. Thomas Nickerson ( Holland ), yang pada waktu itu masih sangat muda dan menjadi cabin boy di Essex. Selain itu, kisah ini juga mencantumkan catatan yang berasal dari Owen Chase sendiri. Apa hubungan film ini dengan karya legendaris Herman Melville, yaitu “Moby Dick”? Well, In The Heart of The Sea mengkalim bahwa cerita mereka adalah kisah yang menginspirasi Moby Dick. Jadi, sutradara Howard juga turut menampilkan tokoh Herman Melville ( Whishaw ) dan Thomas Nickerson tua ( Gleeson ) di dalam film.

sea 3

Imbas dari tampilnya dua karakter tersebut adalah film ini dituturkan dari cerita Thomas Nickerson tua, yang tentu membuat alur penceritaan semakin menarik. Thomas, yang diceritakan sangat trauma akan kejadian tersebut, juga membuat bagian ini tidak monoton. Sempat beberapa kali Ia menolak tawaran Herman Melville untuk bercerita dan menyuruhnya pergi, namun berkat dorongan yang diberikan sang isteri ( Fairley ), Thomas mulai membuka cerita sesungguhnya, satu demi satu, yang mana akan membuat tidak hanya Herman, namun juga kita, terkejut.

sea 2

Bagi kamu yang mengharapkan paus yang besar dan ganas, kamu beruntung! In The Heart of The Sea menampilkan seekor paus sperma raksasa, yang mengamuk di tengah lautan sehingga menenggelamkan Essex. Applause tentu harus diberikan kepada tim produksi mengingat CGI yang mereka gunakan pada sang paus sangatlah cantik, dan mendetail hingga kita bisa melihat kerutan-kerutan ( atau bekas luka ) yang ada dengan jelas. Scene perburuannya pun sangat mendebarkan dimana para pemburu tidak hanya sekedar melempar tombak mereka, namun juga harus harap-harap cemas menunggu tali yang ditambatkan di tombak tersebut. Jika talinya habis dibawa sang paus ke dalam lautan, maka whaleboats kecil yang mereka naiki juga akan terbalik dan ikut terbawa ke dalam sana.

sea 5

Bagaimana dengan adegan amukan nya? Luar biasa! Paus berwarna putih ini benar-benar menjadi bintang di sini. Satu hal yang paling saya suka, dia suka muncul tiba-tiba! Bayangkan jika kamu menonton film ini di IMAX. Bisa saja adegan ini membuatmu kaget dan terpental kembali ke sandaran kursi. Ron Howard sukses membuat sekelompok pelaut ini terlihat benar-benar kecil dan tidak sepadan dengan sang paus raksasa. Sungguh intens, dan berhasil menaikkan tensi film ini hingga ke level tertinggi. Tidak bisa dipungkriri, ini adalah bagian terseru di In The Heart of The Sea!! We really enjoy the terror of this part!!

sea 1

Selepas dari amukan paus, kita akan merasakan sisi humanis film ini yang dieksplor habis-habisan. Berbeda dengan The Martian yang masih menyelipkan bumbu humor, In The Heart of The Sea memancarkan aura kekelaman yang amat dalam bahwa hidup para pelaut ini mungkin tidak akan lama lagi. Terombang-ambing di lautan selama berhari-hari, Owen kemudian menemukan sebuah pulau. Sayang, pulau tersebut tidak memberi pertolongan apapun. Ketakutan, kebingungan, ditambah dengan dehidrasi dan kelaparan menghantui mereka yang selamat. Film ini juga menunjukkan betapa mengenaskannya perjuangan yang mereka tempuh hingga harus sampai hati melakukan “hal yang memalukan”.

sea 3

Semua kejadian pilu ini tidak akan terasa tanpa akting cemerlang yang diperlihatkan oleh para aktornya. Chris Hemsworth menunjukkan bahwa Ia tidak hanya aktor yang jual tampang dan tubuh semata, dimana perannya sebagai Owen Chase sangat vital dan Ia berhasil membawakannya dengan sangat baik. Performa hebat Chris untungnya juga didukung oleh cast lainnya. Tidak bisa dikatakan sekuat Chris memang, namun apa yang mereka lakukan terbilang sangat baik. Tom Holland menjadi sorotan utama kedua setelah Chris mengingat bocah ini akan memerankakn Spider Man tahun depan. Dan setelah melihatnya berakting sebagai Thomas Nickerson muda, well.. Kami menaruh harapan besar padanya. 🙂

sea 6

Keputusan untuk mengadaptasi sebuah mitos yang legendaris memang tidak mudah. Selain harus menghadapi medan yang ekstrim, seluruh elemen yang terlibat harus mempunyai komitmen yang tinggi. Itulah alasan mengapa kita harus angkat topi pada film yang satu ini. Memang masih ada beberapa kelemahan seperti di awal hingga pertengahan film yang terasa agak membosankan, dan juga CGI yang masih terlihat kasar di beberapa adegan. Namun, dengan apa yang mereka sampaikan, wajar bila In The Heart of The Sea menjadi sebuah karya yang epik tahun ini. The tragedy of the Essex is the story of men. And a Demon.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s