Tak Berkategori

FRESHMOVIE – IN THE HEART OF THE SEA

sea 1Director : Ron Howard

Starring : Chris Hemsworth, Ben Whishaw, Tom Holland, Benjamin Walker, Cillian Murphy, Brendan Gleeson

Mitos, atau nyata?

Jika film The Perfect Storm, yang  bercerita tentang kisah survival di tengah terjangan badai, berhasil membuat kita merinding saat menontonnya, maka In The Heart of The Sea diprediksi akan memberikan lebih banyak kengerian akan betapa berbahayanya laut lepas! Mengapa? Karena, film yang berlatar di lautan Pasifik pada tahun 1820 ini tidak hanya diramaikan oleh badai saja Cinfellas, namun juga oleh serangan dari sesosok predator yang tidak kalah buas, yang mana juga menjadi fokus utama film ini ; paus sperma.

sea 4

Anyway, berbicara mengenai film ini tidak lepas dari kisah “Moby Dick”. Hampir semua orang mengenalnya, tetapi mereka tidak tahu apa yang menginspirasi penulisnya. Legenda tentang hilangnya kapal penangkap ikan paus Essex di lautan Pasifik dan pengalamannya sendiri menaiki whaling ship Acushnet membuat penulis Herman Melville menghasilkan kisah fenomenal tersebut. Film In The Heart of The Sea kemudian diangkat dari novel berjudul sama yang dikarang kembali oleh Nathaniel Philbrick pada tahun 2000.

sea 1

Filmnya sendiri bercerita tentang Owen Chase, the first mate dari Essex Whaling Ship yang dipimpin oleh Kapten Pollard beserta beberapa kru lainnya, seperti Matthew Joy dan Thomas Nickerson yang dijuluki “si Bocah Kabin”. Setelah berburu, kapal mereka tiba-tiba diserang balik oleh seekor paus sperma raksasa. Orang-orang dari New England ini kemudian mendapatkan teror yang menakutkan, harus merasakan betapa tidak enaknya terombang-ambing di tengah lautan, kemudian bertemu badai, dan mengalami kelaparan akibat jarak yang bermil-mil jauhnya dari rumah. Semua kejadian ini membuat mereka bertanya akan keyakinan terdalam dari nilai hidup mereka sendiri hingga moralitas dari kegiatan yang mereka lakukan, serta terjadinya kontradiksi antara usaha kapten mereka dalam mencari arah pulang, dan kru lainnya yang masih berusaha untuk melumpuhkan seekor paus sebagai hasil tangkapan.

sea 6

Ada beberapa hal yang membuat film yang memiliki cerita yang sangat serius ini menarik untuk ditonton. Pertama, emosi dari para pemeran sangat terasa. Ini dikarenakan In The Heart of The Sea dibintangi oleh banyak nama kondang. Tercatat ada dua anggota The Avengers yang melaut bersama Essex, yaitu Chris Hemsworth dan Tom Holland. Lalu ada juga aktor-aktor jempolan lainnya seperti Benjamin Walker ( Abraham Lincoln : Vampire Hunter ) sebagai Kapten George Pollard, Cillian Murphy ( The Dark Knight Rises ) sebagai Matthew Joy, dan Ben Whishaw ( Spectre ) menjadi novelis Herman Melville, yang tidak lain merupakan penulis dari kisah “Moby Dick” itu sendiri.

chris

Selain cast factor, fakta lain yang membuat film ini semakin layak tonton adalah komitmen tinggi yang dijalankan oleh para aktor saat proses produksi berlangsung. Perlu dicatat, seluruh pemain menjalani diet ketat selama 5 minggu shooting di lautan Atlantik! Mereka hanya boleh mengonsumsi 500 kalori per hari! “Kamu tidak perlu meyakinkan diri di depan kamera bahwa kamu kelelahan, dan kelaparan. Kamu sudah merasakannya secara nyata,” ujar Chris Hemsworth yang sampai mengunggah transformasi bentuk tubuhnya yang ekstrim di akun Twitter pribadinya beberapa waktu yang lalu.

ron

Penetapan tanggal rilis juga menjadi bahan yang dibicarakan banyak orang mengenai film ini. Bagaimana tidak, awalnya In The Heart of The Sea dijadwalkan rilis pada bulan Maret. Namun apa yang terjadi? Sutradara Ron Howard kemudian  bermanuver jauh ke belakang, tepatnya ke bulan Desember ini. Kepada kanal The Hollywood Reporter, Ron Howard mengungkapkan alasan mengapa film ini diundur jauh perilisannya. “Penonton yang datang ke bioskop pada periode ini lebih banyak dan beragam. Aku tentu ingin In The Heart of The Sea ditonton oleh sebanyak mungkin orang. Jadi, ini adalah keputusan yang tepat. Ini lebih dari sekedar kuartal keempat. Rilisnya film kami di awal musim dingin juga sangat cocok dengan tone film ini.” ujarnya.

sea 3

Well, apapun motif yang diusung oleh Ron Howard dan pihak studio Warner Bros., In The Heart of The Sea sangat sayang jika dilewatkan begitu saja karena rasa penasaran kita semua akan seberapa besar dan menakutkannya sang paus sperma, dan seberapa mengenaskannya kondisi para pelaut yang terdampar di sana. Bukannya tidak mungkin Ron dan timnya nengincar nominasi Oscar sehingga memundurkan film ini, namun dari beberapa materi promosi yang sudah dirilis ( jujur kami sangat suka dengan poster terakhirnya! ), In The Heart of The Sea akan menjadi pelayaran paling menjanjikan sekaligus mematikan yang pernah ditampilkan di sinema.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s