Tak Berkategori

FRESHMOVIE – SECRET IN THEIR EYES

secret posterDirector : Billy Ray

Starring : Julia Roberts, Chiwetel Ejiofor, Nicole Kidman

Menceritakan kembali sebuah kisah misteri pembunuhan, yang mana berhasil mendapatkan ulasan yang memuaskan sekaligus menyabet prestasi mengagumkan, tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, tantangan inilah yang justru diambil oleh Billy Ray, dimana penulis naskah film Captain Phillips, dan The Hunger Games ini memutuskan untuk me-remake sebuah film ber-genre crime-thriller asal Argentina berjudul Secret In Their Eyes. FYI, film aslinya sendiri bisa dikategorikan sebagai sebuah karya yang istimewa berkat pencapaiannya yang berhasil memenangkan penghargaan “Best Foreign Language Film” di ajang Oscar pada tahun 2010. Maka dari itu, jangan heran jika Billy rela melakukan apapun untuk menyukseskan remake ini, salah satunya dengan memanggil tiga pemeran utama yang seluruhnya berkaliber Oscar, serta membalikkan gender yang ada di cerita filmnya.

secret 1

Berbicara mengenai gender, alih-alih menampilkan frontline dua pria – satu wanita seperti yang ditampilkan di kisah aslinya, Secret In Their Eyes dengan berani mengubahnya menjadi dua wanita – satu pria, dimana Jess ( Roberts ) dan Ray ( Ejiofor ) adalah agen penyelidik FBI, sedangkan Claire ( Kidman ) adalah seorang jaksa wilayah. Ketiga orang ini kemudian dihadapkan kepada sebuah kasus mengerikan yang mana membunuh puteri tercinta Jess sehingga dirinya menjadi shock dan hancur. Setelah mengalami deadlock, Ray, yang seakan terobsesi untuk menyelesaikan kasus tersebut selama 13 tahun, akhirnya berhasil mendapatkan sebuah petunjuk baru yang mana bisa membuat kasus ini berakhir. Namun, tak ada yang menduga bahwa selain petunjuk ini kembali membuat Jess “mengangkat senjata”, hal tersebut juga mengarah pada sebuah rahasia yang mengerikan.

sec 2

Ketiga cast utama tentu saja menjadi pusat perhatian dan kekuatan utama film ini. Bagaimana tidak, Secret In Their Eyes merupakan sebuah film yang berciri-khas character-driven thriller. Dan dari ketiga nama kondang yang ada, Julia Roberts tentu adalah yang paling disorot mengingat peran seperti ini tidak pernah dilakukan sebelumnya oleh aktris yang dijuluki “The Onetime Romcom and Box Office Queen” tersebut. Selain itu, ternyata karakter Jess sendiri merupakan sosok yang akan menjadi pembeda film ini dengan versi aslinya, dikarenakan seharusnya Jess adalah seorang pria!

jul

Seperti yang ditulis oleh kanal New York Times, karakter Jess aslinya adalah seorang laki-laki yang kehilangan isterinya. Namun di film ini, sutradara Ray mengubah semuanya dimana ia adalah seorang ibu yang kehilangan anaknya. Buntut dari perubahan skrip yang radikal ini adalah, Secret In Their Eyes menjadi film yang benar-benar fresh! “Secret memiliki efek yang signifikan terhadap versi aslinya, karena ini akan menjadi ‘pintu masuk’ yang lain bagi penonton jika dilihat dari segi emosional, bahkan di saat kepribadian tokoh-tokoh utamanya tidak berubah sama sekali.” ungkap Billy. Lebih lanjut, Billy juga memuji totalitas Julia Roberts yang tidak setengah-setengah memerankan Jess. “Dia memiliki beberapa ide brilian untuk karakter ini. Bahkan, untuk mendapatkan gambaran yang tepat, Ia sampai melakukan camera test dengan suaminya, Dany Moder, yang menjadi sinematografer film ini atas saran Nyonya Roberts sendiri”.

jul 3

Lucunya, dalam sebuah wawancara, Julia mengungkapkan bagaimana rasanya ketika orang yang berada persis di balik kamera adalah suaminya sendiri. And yeah, it seemed pretty awkward at the first time. “Kupikir hal tersebut membuat semuanya berbeda untukku. Di satu sisi, kamu akan berpikir akan seperti apa jadinya jika dia bilang, ‘Apa yang dia lakukan di sana?’, tapi di sisi lain hal itulah yang membuatku termotivasi untuk berkerja lebih keras lagi. Untuk membuatnya kagum”. Ungkap “pretty woman” ini. “Kami juga mempercayai satu sama lain. Kami berdua memiliki visi yang sama untuk menunjukkan kebenaran dari karakter ini, dan kami menampilkannya dengan baik”.

julia

Wah, jadi penasaran ya akan seperti apa akting Julia Roberts kali ini, yang mana sudah jarang eksis di layar lebar. Jika berjalan sesuai rencana, Secret In Their Eyes bisa menjadi comeback yang hebat dimana Ia berhasil keluar dari zona nyamannya. “Ini adalah kesempatan bagus baginya untuk memperlihatkan pada dunia bahwa Ia bisa melakukan hal lain dengan sama baiknya, bahkan yang satu ini terlihat mempesona.” janji sang sutradara. Well, kita tunggu saja! 😉

@adam_sarga

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s