Tak Berkategori

WHAT WE SAY – BRIDGE OF SPIES

bridge 1

Director : Steven Spielberg

Cast : Tom Hanks, Mark Rylance, Amy Ryan, Scott Shepherd, Austin Stowell, Will Rogers,  Alan Alda

Score : 9/10

Spoiler Alert !

James B. Donovan adalah seorang pengacara yang tergabung dalam kantor jasa pengacara, ia hanya pengacara biasa yang ahli dalam bidang asuransi. Masalah di film membuatnya berperan lebih jauh dari sekedar pengacara yang harus berhadapan dengan klien dalam urusan klaim layaknya di bidang asuransi. Konflik di film ini berawal dari penggerebekan seorang seniman yang diduga sebagai mata-mata Uni-Soviet, orang ini bernama Rudolf Abel (Mark Rylance). Ia dikepung oleh sekelompok agen FBI di apartemennya dan ditahan oleh pemerintah Amerika Serikat. Thomas Watters (Alan Alda) yang merupakan atasan Jim (panggilan bagi James) mendapat tawaran dari pemerintah untuk memberi jasa pengacara bagi Abel. Di luar dugaan, Watters memberi tugas ini kepada Jim.

Sebagai pengacara yang menjunjung tinggi nilai – nilai profesi, Jim memberi pelayanan yang baik terhadap klien barunya. Masa yang digunakan pada film ini terjadi pada akhir tahun 50-60an yang merupakan era Perang Dingin, Amerika Serikat dan Uni-Soviet saling curiga satu sama lain. Rakyat AS ingin Abel dihukum seberat – beratnya karena dianggap membahayakan keamanan negara. Hal ini sedikit bertolak belakang pada diri Jim, ia melihat Abel sebagai pahlawan bagi negaranya dan harus dilayani dengan baik. Hal ini terlihat di beberapa adegan, salah satunya adalah ketika Jim menyanggupi permintaan Abel untuk membawakannya rokok dan peralatan lukis ke dalam ruang tahanan.

Donovan and wifeProfesi yang dijalankan oleh Jim dalam menangani kasus Abel ditentang oleh banyak pihak, mulai dari istrinya yang bernama Mary (Amy Ryan) sampai Watters selaku atasannya. Mereka menganggap Jim berusaha melindungi musuh negara di tengah perang ideologi yang berkecamuk. Hal unik terjadi ketika Jim sedang berada di sebuah kereta yang penuh penumpang, para penumpang di kereta melihat wajah Jim dalam koran – koran yang memberitakan kasus Abel dan lucunya, Jim dilihat dengan tatapan sinis oleh para penumpang. Puncak dari kebencian publik terhadap Jim adalah ketika rumahnya ditembaki oleh orang misterius.

Francis Gary PowersKetegangan antara AS dan Uni-Soviet semakin parah, anak – anak usia SD di AS diberi tontonan Propaganda untuk membenci Uni-Soviet melalui tayangan bom nuklir 😛 Pemerintah AS tidak hanya diam untuk mencegah bahaya dari Uni-Soviet melalui teknologi militer yang mereka miliki. CIA selaku dinas intelijen AS memilih Francis Gary Powers(Austin Stowell) yang merupakan pilot Angkatan Udara untuk menjadi mata-mata. Powers diperintahkan untuk memantau wilayah dan kekuatan Uni-Soviet dari ketinggian 70.000 kaki dengan pesawat yang dilengkapi kamera udara. Malang nasib Powers, pesawatnya berhasil diketahui dan ditembak jatuh oleh militer Uni-Soviet.

francis gary powers 2Powers berhasil selamat dari insiden pesawat, namun hal yang lebih buruk telah menanti. Ia dibawa ke pengadilan Uni-Soviet dan ditahan karena statusnya adalah mata-mata bagi AS. Melihat kondisi Uni-Soviet yang kini menahan mata-mata AS, maka kedudukan menjadi imbang 😀 Kedua negara adidaya tersebut kini memiliki tahanan dari lawan politik sebagai truff masing-masing. Melihat adanya kemungkinan pertukaran  tahanan diantara kedua pihak, pemerintah AS dan Uni-Soviet memilih jalan diplomasi untuk melancarkan rencananya. Agen Hoffman(Scott Shepherd) selaku agen CIA mengajak Jim ke kantornya, di balik itu ia memberi Jim perintah untuk menjadi diplomat yang mewakili AS dan ia harus masuk ke belakang garis musuh, wow ! Satu hal yang ditekankan dari Hoffman kepada Jim adalah ia akan bekerja secara rahasia, bukan sebagai wakil dari pemerintah AS tapi hanya sebagai orang biasa. Hal ini sering kita temui di film-film yang bertema misi-misi rahasia.

donovan in east berlinJim dikirim ke wilayah Berlin Timur yang dikuasai oleh Uni-Soviet untuk berjumpa dengan perwakilan dari kedutaan Uni-Soviet Ivan Schischkin(Mikhail Gorevoy). Meskipun kinerja Jim selalu diawasi oleh beberapa agen CIA pimpinan Hoffman yang turut serta, namun Jim selalu berdiplomasi sendirian. Para agen CIA hanya berjaga-jaga di wilayah Berlin Barat sambil menunggu hasil perundingan Jim dengan pihak lawan. Setting tempat yang telah berpindah ke kota Berlin berhasil memberi kita gambaran antara perbedaan yang mencolok antara Jerman Barat dan Timur.

frederic pryorDi tengah diplomasi yang berjalan antara AS dan Uni-Soviet dalam pertukaran tahanan, muncul sebuah masalah baru yang lebih rumit. Frederic Pryor (Will Rogers) adalah seorang mahasiswa asal AS yang sedang melakukan studi ekonomi di Jerman, pada suatu sore Pryor ingin berjumpa dengan dosennya di wilayah Berlin. Ketika ia sampai di rumah sang dosen, dia terjebak dalam pemisahan antara Berlin Barat dan Timur karena pada saat itu sedang dibangun tembok pemisah. Pryor yang kemudian berupaya untuk lari ke wilayah Berlin Barat kemudian ditahan oleh tentara karena dianggap mata-mata, Pryor langsung ditahan setelah ia memperlihatkan tesisnya kepada tentara yang bertema Ekonomi Negara Komunis.

jim in berlinMengetahui adanya warga AS yang juga ditahan oleh pihak Uni-Soviet, Jim kemudian mencari segala upaya untuk membebaskannya. Jim kemudian bertemu dengan seorang pengacara yang merupakan warga Jerman Timur bernama Wolfgang Vogel (Sebastian Koch), diplomasi yang terjadi antara Jim dan Vogel berlangsung alot. Vogel menganggap pemerintah Amerika Serikat tidak mengakui wilayah Jerman Timur karena urusan diplomasi untuk membebaskan Pryor dibicarakan langsung ke kedutaan Uni-Soviet, sementara itu perwakilan Uni-Soviet juga mengakui bahwa mereka tidak menahan Pryor, karena ia ditahan oleh pihak keamanan Jerman Timur. Usaha Jim menjadi lebih berat karena harus berhadapan dengan lawan yang keras kepala, ditambah keinginannya untuk membebaskan Pryor ditentang keras oleh CIA yang misi utamanya adalah membebaskan Powers.Setelah berbagai negosiasi yang dilakukan akhirnya usaha pertukaran tahanan di kedua belah pihak menemukan titik terang. AS dan Uni-Soviet kemudian sepakat untuk melakukan pertukaran tahahan secara serempak di dua tempat yang berbeda, Rudolf Abel akan ditukar dengan Francis Gary Powers dan Frederic Pryor. Akankah pertukaran berjalan lancar ? Tonton filmnya ya 😀

Penilaian

jim and abel Beberapa adegan di film ini mengingatkan kita dengan film Gangster Squad, setting era dan konflik memiliki beberapa kemiripan. Diantaranya adalah ketika Jim harus menjaga kerahasiaan misi dan rumahnya juga diserang oleh orang tidak dikenal, hal ini juga dialami dari karakter O’Mara dari film Gangster Squad. Nilai Minus dari film ini adalah kronologi kejadian yang tidak dijelaskan dengan rinci, perjalanan Jim dari tahun ke tahun tidak diberi penjelasan yang cukup dan peristiwa yang terjadi diantara AS dan Uni-Soviet dari tiap tahun tidak dijelaskan secara  kronologis. Nilai Plus pada film ini adalah jalan cerita yang tidak membosankan dan akting Tom Hanks yang sangat memukau, adegan haru pun terdapat ketika Jim menangis bahagia bisa berjumpa kembali dengan Abel menjelang pertukaran. Nilai 9/10.

@D_Sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s