Tak Berkategori

FRESHMOVIE – BRIDGE OF SPIES

Director : Steven Spielberg

Starring : Tom Hanks, Alan Alda, Amy Ryan, Mark Rylance, Austin Stowell

bridge 1

Tom Hanks kembali beraksi! Namun, kali ini Ia tidak akan berperan sebagai ahli simbol atau kapten kapal. Tom akan berperan sebagai seorang pengacara biasa yang ditempatkan di sebuah sikon yang tidak biasa dalam film berjudul Bridge of Spies. Anyway, nama Tom Hanks sendiri tentu bukan nama yang asing bagi kita, khususnya para pecinta film. Ia begitu dikenal karena memiliki ciri khas dalam setiap karakter yang dimainkan dan hal ini terlihat jelas kala Ia berperan sebagai Robert Langdon di film adaptasi novel karya Dan Brown, The Da Vinci Code dan Angels & Demons. Tidak jarang pula berkat performanya yang mengagumkan, banyak orang berkata bahwa Tom Hanks adalah guru sejarah terbaik! So, tidak salah jika kita berharap lebih padanya kali ini mengingat karakter Tom disini, James Donovan, akan diberikan sebuah tugas khusus oleh negara.

Tapi tahukah kamu bahwa ada satu nama lagi yang patut diwaspadai dari film ini?

spielberg

Ia adalah Steven Spielberg! Sineas yang setiap karyanya selalu ditunggu ini sempat membuat bingung dan penasaran seluruh pecinta film dunia tentang proyek film terbarunya, yang belum diberikan judul resmi hingga awal tahun ini. Namun, semua akhirnya terjawab karena pada trailer perdana yang rilis pada tanggal 6 Juni lalu, Tuan Spielberg secara resmi mengumumkan bahwa film yang menceritakan tentang skandal besar di zaman Perang Dingin ini akan berjudul Bridge Of Spies. Kejutan! Ternyata selain dirinya, film yang beradasarkan kisah nyata ini juga diisi oleh nama-nama besar lainnya, Cinefellas! Salah satunya adalah tercantumnya dua nama yang merupakan juri dari Festival Cannes 2015, Ethan & Joel Coen, yang menjadi screenwriters film ini. Skakmat sudah.. 😀

bos

Bridge Of Spies menceritakan tentang kejadian nyata yang terjadi pada tahun 1960, dimana seorang pilot Amerika Serikat tertembak jatuh di daerah Uni Soviet. James Donovan ( Hanks ), seorang pengacara asuransi dari Brooklyn – New York, kemudian ditugaskan oleh negaranya untuk sebuah misi yang tidak biasa, sangat berbahaya, dan juga terlihat amat sangat mustahil ; melakukan negosiasi pertukaran tahanan dengan Uni Soviet! Sinopsis resminya bisa kamu baca disini :

“A dramatic thriller set against the backdrop of a series of historic events, “BRIDGE OF SPIES” tells the story of James Donovan, a Brooklyn lawyer who finds himself thrust into the center of the Cold War when the CIA sends him on the near-impossible task to negotiate the release of a captured American U-2 pilot.” – 20th Century Fox

bridge 4

Peran Donovan digambarkan sangat penting dan juga beresiko tinggi karena dapat mengancam nyawa dirinya dan seluruh orang-orang yang Ia cintai, termasuk isteri dan anak-anaknya sendiri. Di trailer kita juga bisa melihat beberapa hal menarik. Pertama adalah teror yang dilakukan oleh orang-orang anti komunis di AS kepeda keluarga Donovan karena Ia dianggap melindungi seorang agen Soviet di Amerika. Kedua, James juga akan dikirim ke Berlin hanya untuk menyelamatkan nyawa sang tawanan. FYI, Spielberg berhasil menggambarkan betapa mengerikannya situasi pada zaman ini jika dilihat dari caranya menggambarkan Berlin. Di film ini kita akan melihat betapa kuatnya pengaruh Soviet yang telah mencekoki Berlin, dimana tentara akan langsung menembak di tempat siapa saja yang berusaha untuk memanjat tembok dan kabur.

bos 3

Uniknya, walaupun mendapatkan review yang positif ( A bulat di Cinemascore.com ) pasca World Premiere nya di New York Film Festival 2015, dan resmi dilabeli sebagai “film yang wajib ditonton tahun ini”, beberapa petinggi film ini malah agak sangsi atas pundi-pundi yang bisa didapatkan Bridge of Spies di minggu pertama perilisannya. Alasannya? Sangat lucu ; karena Playoff MLB ( Major League Baseball ) yang digelar bertepatan dengan tanggal rilis film ini! Disney, yang juga ikut mendistribusikan film ini bahkan menyalahkan laga Playoff antara Chicago Cubs melawan New York Mets dan Kansas City Royals melawan Toronto Blue Jays yang mereka takuti akan berakibat fatal pada tidak tercapainya target pemasukan di minggu pertama. “Ya, tapi kami yakin film ini akan tetap sukses karena ‘word of mouth‘ yang hebat dan bisa mendapatkan momentum di minggu berikutnya. Kami yakin masyarakat yang sudah menonton film ini akan memberikan opini positif yang luar biasa.” bela Dave Hollies, Disney’s Distirbution Chief kepada kanal Variety.

bos 1

Well, apapun yang akan terjadi pada film ini, satu hal yang kami yakini ; dengan cerita yang didasari oleh kisah nyata yang diramu apik oleh Matt Charman dan Coen bersaudara, pesan yang terdapat di dalamnya, reputasi Steven Spielberg sebagai sineas paling berpengaruh di dunia, dan juga Tom Hanks yang masuk ke dalam jajaran aktor terbaik sepanjang masa, sayang rasanya jika Bridge of Spies dilewatkan begitu saja. Mungkin film ini hanya tinggal menunggu piala.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s