Tak Berkategori

WHAT WE SAY – THE WALK

walk 2

Director : Robert Zemeckis

Starring : Joseph Gordon-Levitt, Charlotte LeBon, Clement Sibony, Cesar Domboy, Steve Valentine, James Badge Dale, Ben Scwhartz, Benedict Samuel, Sir. Ben Kingsley

Score : 7.8/10

“People ask me ‘Why do you risk death?’. For me, this is life.” – Philippe Petit.

the walk 5

The Walk merupakan film adaptasi yang diangkat dari novel gila karya Philippe Petit berjudul “To Reach the Clouds”, yang juga diangkat berdasarkan pengalaman hidupnya sendiri yaitu seorang high wire artist. Robert Zemeckis ( Forest Gump, Cast Away ) selaku sang sutradara film ini menginginkan format IMAX 3D agar penonton juga bisa merasakan ketegangan yang dialami Philippe saat menyebrangi tali di antara dua menara World Trade Center. Joseph Gordon-Levitt kemudian dipilih untuk membintangi pemain Philippe dan tak lupa pula Sir. Ben Kingsley ikut bergabung meramaikan jajaran cast. The Walk akan memberikan sensasi seorang high wire artist yang memiliki mimpi besar bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

the walk 6

Semenjak melihat pertunjukan sirkus keliling, Philippe Petit ( Gordon-Levitt ) bercita-cita menjadi high wire artist yang tidak hanya bekerja sebagai badut sirkus, namun juga memiliki cita-cita untuk menempatkan talinya pada tiang yang tinggi agar pertunjukan tak hanya bernilai hiburan, namun juga memiliki nilai seni yang lebih. Hal itulah yang menuntunnya ke New York untuk berjalan di atas langit, tepatnya di antara dua menara World Trade Center (WTC). Setelah bertemu dengan Annie ( Le Bon ), yang selalu setia bersedia membantu mewujudkan mimpi Philippe tersebut, tak lama kemudian, Jean-Louis ( Sibony ) resmi menjadi sahabat Philippe kedua sekaligus fotografer. Philippe yang merasa masih belum memiliki cukup ilmu untuk memasang tali kemudian mendatangi Papa Rudy ( Kingsley ), pimpinan pemain sirkus keliling. Setelah siap dengan berbagai macam teori pengikatan, Philippe akhirnya memutuskan untuk berangkat. Dalam perjalanan merencanakan aksi ilegal itu, Philippe juga mendapatkan banyak teman baru yang mendukungnya, sebut saja Jean- Francois / Jeff ( Domboy ) yang takut ketinggian, Barry ( Valentine ) yang punya kantor di gedung tersebut, Jean Pierre ( Dale ), Albert ( Schwartz ) dan David ( Samuel ). Aksi tersebut kemudian dianugerahi aksi paling berani sepanjang masa yang dilakukan oleh seorang penantang maut.

Dikemas secara naratif dengan penampilan langsung yang memikat dari Joseph Gordon-Levitt, serta berjalan secara sempurna dari awal, The Walk sukses menampilkan bagaimana motivasi serta penyebab Philippe melakukan hal tersebut, bertemu dengan tim-nya, sampai pada persiapan dan pertunjukkan akhir. Meski diwarnai keraguan, Philippe tetap nekad menjadikan aksinya itu nyata, dan di sanalah unsur perjuangan pantang menyerah dari seorang high wire artist tersebut diuji dan memotivasi para penontonnya agar tidak menyerah menggapai impian. JGL tampil meyakinkan dengan logat Perancis-nya. begitu pula para pemain lain. Hanya saja, cerita dinarasikan terlalu singkat sehingga penonton setidaknya agak sulit mengingat teman-teman Philippe. Suara LeBon saat bernyanyi juga bagus, hanya saja, suara emas Annie hanya ditampilkan di awal pertemuan mereka. Seharusnya, mungkin bisa lebih epik lagi jika setiap Philippe berlatih, suara Annie lah yang menjadi scoring adegan tersebut. Anyway, akhir film ini yang memisahkan Annie dan Philippe agar Annie mengejar impiannya terasa natural dan terkesan tidak dipaksakan. 🙂

walk 2

CGI yang disajikan terlihat sungguh meyakinkan! Sayang, di beberapa tempat saya dapati perbedaan tinggi WTC yang terlalu signifikan dengan gedung sekitarnya, padahal jika dilihat dari sudut pandang bawah gedung sebenarnya gedung di sekelilingnya memiliki ketinggian yang tidak berbeda jauh. Namun, ketika sudut pandang diambil dari atas, gedung di sekitarnya terlihat sangat kecil yang malah menjadikan komposisi gambar menjadi terlalu berlebihan. Di lain tempat, efek angin di gedung setinggi WTC terasa kurang kencang, meski efek rambut dan pakaian Philippe terlihat berkibar-kibar diterpa angin namun kabut pagi hari beserta suara desahan angin terasa kurang berhembus, apalagi dengan adanya helikopter di atas pertunjukan tersebut. Di lain sisi, langkah awal Philippe cukup menegangkan dan mengejutkan. Sedangkan di langkah akhir, justru terasa kurang menegangkan dan biasa saja. Bahkan tekanan tali yang bergoyang dan hampir putus di akhir film justru terasa diremehkan oleh Philippe, padahal Papa Rudy mengingatkannya untuk tidak sombong pada langkah terakhir.

walk 3

Overall, The Walk menjadi tontonan yang cukup menghibur dan memiliki banyak makna tentang perjuangan yang cukup bagus untuk memotivasi penonton menggapai impian masing-masing yang telah mereka lupakan. Begitu pula dengan kerjasama tim yang baik dan juga pantang menyerah, karena di balik kesuksesan Philippe di atas menara WTC, terdapat pula tim dan teman-temannya yang selalu mendukung langkah Philippe di belakangnya hingga menjadi seperti sekarang ini.

@arifrubbiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s