Tak Berkategori

WHAT WE SAY: THE MARTIAN

martian

Director: Ridley Scott

Starring : Matt Damon, Jessica Chastain, Kristen Wiig, Jeff Daniels, Michael Pena, Sebastian Stan, Kate Mara, Chiwetel Ejiofor, Aksel Hennie, Donald Glover

Spoiler Alert !

30 September 2015 adalah tanggal dimana bioskop-bioskop di Indonesia kembali diramaikan oleh sebuah film fiksi ilmiah yang bercerita tentang luar angkasa, film ini memerankan Matt Damon sebagai karakter utamanya. Nah, film ini berjudul “The Martian”, yang artinya adalah orang Mars 😛 Tapi kami bisa menjamin bahwa ini bukan film yang menampilkan alien atau segala mahluk luar angkasa. Tidak ada mahluk-mahluk aneh yang muncul di film ini, semua hanya manusia. Secara umum, The Martian bercerita tentang kisah Rescue and Survival. Berikut kami sajikan review dari The Martian. Enjoy !

1E2FE3ADDi bagian awal film penonton langsung dibawa ke Planet Mars dan berkenalan dengan tim Astronot NASA yang berjumlah 6 orang. Tim ini terdiri dari Komandan Melissa Lewis (Jessica Chastain), Mark Watney (Matt Damon), Rick Martinez (Michael Pena), Beth Johanssen (Kate Mara), Chris Beck (Sebastian Stan) dan Alex Vogel (Aksel Hennie). Kelima Astronot NASA ini berasal dari Amerika Serikat, kecuali Vogel yang merupakan Astronot berkewarganegaraan Jerman. Latar belakang dari keenam Astronot ini juga beragam, Lewis dan Martinez merupakan anggota militer, Mark adalah seorang botanis dan Vogel adalah ahli kimia. Misi mereka di Mars berjalan lancar, sampai akhirnya datanglah badai yang membahayakan nasib mereka semua. Di tengah badai yang sangat kencang dan berbahaya, Mark disangka gugur oleh rekan – rekannya karena terhantam benda semacam parabola dan di tengah badai yang semakin berkecamuk, Lewis sebagai pemimpin tim tidak punya pilihan selain segera meninggalkan Mars dengan kendaraan yang disebut MAV meskipun tidak ada kepastian apakah Mark hidup atau mati.

martian 4

photo : TOTAL FILM UK edisi 236

Setelah badai mereda, ternyata Mark masih hidup dengan kondisi bagian perutnya terluka karena ada besi yang menancap di perutnya ! Kemudian akan terdapat adegan yang agak membuat kita ngilu ketika Mark sedang membersihkan lukanya. Hantaman yang dialami oleh Mark ternyata membuat sensor komunikasinya tidak dapat dijangkau oleh rekan-rekannya. Mengetahui ia tertinggal di Mars, Mark langsung mencari akal untuk bertahan hidup. Ia menginventarisir segala perbekalan yang tersedia di Habitat (istilah untuk markas para Astronot di Mars) dan menghitung waktu berapa lama sampai bekal itu akan habis. Mark yang seorang botanis kemudian menanam kentang untuk dijadikan bahan pangannya, sambil mencari cara untuk berkomunikasi dengan NASA untuk meminta bantuan.

martian 4

Beruntunglah para penonton karena tidak akan dibuat bosan melalui setting luar angkasa melulu. Hal yang menarik dari film ini adalah, meskipun banyak sekali teori fisika yang dihadirkan sepanjang film tapi tidak akan membuat penonton bingung dan bosan. Tiap kali ada pemaparan teori fisika yang merupakan cara Mark agar bertahan hidup selalu dibarengi dengan tindakannya yang dikemas dengan segar. Kembali ke garis besar cerita, setelah para kru Astronot yang dipimpin oleh Komandan Lewis pergi dari Mars, berita akan kembalinya mereka ke Bumi juga diiringi dengan Mark yang tidak ikut serta. Pada awalnya, Mark dianggap gugur sampai pada suatu ketika satelit memberi gambar bahwa ternyata Mark masih hidup. Nah, disinilah para anggota NASA di Bumi mulai mencari cara untuk menyelamatkan Mark. Terdapat Teddy Sanders (Jeff Daniels) yang merupakan bosa besar NASA didampingi oleh Vincent Kapoor ( Chiwetel Ejiofor ) dan Mitch Henderson ( Sean Bean ).

the martian hermes

Berbagai cara dan upaya dicari dengan susah payah untuk menyelamatkan Mark ditengah keterbatasan waktu yang tersedia sampai persediannya habis, settingan di film ini kemudian berkembang menjadi tiga. Di Bumi ( NASA ), Mars ( Mark ) dan di pesawat luar angkasa Hermes yang sedang dalam perjalanan ( para Astronot ). Selain itu terdapat karakter Rich Purnell ( Donald Glover ), seorang ahli astrodinamika yang memberi solusi kepada NASA dalam upaya penyelamatan Mark. Solusi yang sekarang dimiliki oleh NASA kemudian disampaikan kepada para astronot yang berada di pesawat Hermes. Nah, hal menarik lainnya dari film ini adalah kita disuguhkan dengan berbagai teknologi antariksa yang mungkin jarang kita kenal, NASA yang dikabarkan turut membiayai film ini nampakya ingin memperkenalkan penonton dengan berbagai teknologi antariksa mereka seperti kendaraan roda 6 bernama Rover. Kendaraan ini menjadi kendaraan operasional bagi Mark selama ia terdampar dan mencari bantuan di Mars. Akankah Mark berhasil diselamatkan ? Tonton saja filmnya 😀

martian 2Saatnya melakukan penilaian, film ini memiliki tiga tempat yang disertai dengan teori fisika secara terus menerus. Uniknya, penonton tidak akan dibuat bosan karena setiap teori yang ditampilkan oleh para pencari solusi langsung ditindak dengan perbuatan. Satu nilai plus ! Soundtrack ? lagu-lagu di film ini menggunakan tembang-tembang lama dari tahun 70&80-an, namun sayang penggunaan atau pemilihan lagu agak kurang tepat dengan penuansaan adegan. Satu nilai minus. Buat yang suka dengan lagu “I Will Survive“, berbahagialah karena mereka menyediakan lagu ini di film. Kostum dan kendaraan di film ini menjadi tambahan nilai plus lagi, karena kita diperkenalkan dengan dunia antariksa yang begitu canggih dan terlihat “nyata”. Satu nilai minus lagi adalah unsur komedi yang hambar di film ini, peran Michael Pena sebagai “pelawak” di film ini tidak seperti halnya di film Ant-Man atau Fury. Guyonan khasnya tidak menonjol. Matt Damon berhasil memperlihatkan kita akan sosok yang pantang menyerah meskipun stres berat berada di kepalanya, karakter Mark dimainkan dengan apik. Nilai plus lagi. Nilai plus terakhir adalah adanya unsur politik Internasional di film ini, dimana NASA melakukan kontak dengan CNSA ( lembaga Antariksa Nasional Cina ). Kita tentu tahu bahwa Amerika Serikat dan RRC merupakan dua negara adidaya yang sedang bersaing bukan, sehingga unsur politik yang menjadi bumbu di film ini terasa cukup menarik.

Skor: 8/10

@D_Sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s