Tak Berkategori

FRESHMOVIE – BATTLE OF SURABAYA

Director : Aryanto Yuniawan
Starring : Ian Saybani, Maudy Ayunda, Reza Rahadian, Jason Williams, Tanaka Hidetoshi.

Merayakan HUT RI ke-70 ini, kabar gembira datang dari animasi Tanah Air! Ya, Battle of Surabaya sedang ramai dibicarakan karena telah dilirik oleh perusahaan Walt Disney Asia Pasific. Battle of Surabaya menjadi film Indonesia pertama yang meraih dukungan teknis dan distribusi jaringan Disney sedunia. Berkesempatan menghadiri Press Conference di XXI Epiwalk kemarin sore, kami jadi mengetahui apa saja yang terjadi dibalik kerjasama Disney dan produser film ini, MSV Pictures.

bos 2

 

Disney pertama kali melihat film garapan sutradara Aryanto Yuniawan ini saat trailer-nya disebarluaskan. Terkesan dengan trailer tersebut, Disney langsung menghubungi tim produksi dan menawarkan tiga opsi: Pertama adalah beli putus yang juga berarti seluruh hak cipta menjadi milik Disney. Kedua, Disney siap mendistribusikan film ini atas nama mereka dengan label Disney di setiap produknya. Ketiga, Disney akan memberi dukungan teknis dan penyaluran, sebagai gantinya MSV menjadi salah satu pihak distributor film Disney Asia Pasifik. MSV Pictures memilih opsi terakhir. Alhasil, Disney benar memberi support dalam hal teknis: mengajari securing data dalam studio MSV dan cara membuat film yang bagus sehingga memperindah tampilan film animasi ciptaan anak bangsa ini. Tidak hanya itu, Disney akan memperluas jaringan film Battle of Surabaya ke jaringan Disney di seluruh dunia. Itu berarti, Battle of Surabaya akan dibuat versi berbahasa inggrisnya, Cinefellas!

Tak ketinggalan juga, trailer film ini telah menyabet berbagai penghargaan, seperti: People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2014, Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Technology Award) 2012, dan Nominee Best Foreign Animation Award 2014.

poster

Battle of Surabaya menceritakan tentang Musa, seorang bocah penyemir sepatu yang berada pada situasi usaha perebutan kembali Tanah Air setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 lalu. Nah, klimaksnya terjadi saat penyerbuan pasukan sekutu di Surabaya pada 10 November 1945 atau yang kita peringati tiap tahunnya dengan “Hari Pahlawan”. Musa, karena satu dan lain hal, menjadi kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Musa-pun tidak beraksi sendirian. Bersama dua remaja lainnya: Yumna dan Danu, mereka mengalami petualangan hebat, walaupun, taruhannya juga sangat berbahaya : kehilangan orang-orang yang mereka cintai.

655cf7f08254436b1df6b279ffc38784_XL

Bagi Cinefellas yang bertanya-tanya: Apakah tokoh bocah yang menjadi kurir surat rahasia tersebut benar adanya? Tidak, cerita dalam film buatan STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) AMIKOM Yogyakarta dan MSV Pictures ini fiksi. Ide tentang tokoh utama dibuat untuk “Menjembatani generasi tua dan muda,” tutur sutradara Ary. “Para orangtua akan bernostalgia, sementara anak-anak muda akan fokus pada nama tokoh-tokoh perjuangannya (dalam film ada Jendral Soedirman, Dr. Moestopo, Soemarsono, Ir. Soekarno, dll.). Tokoh utama cerita seperti temanmu yang sedang bercerita,” begitu terang Sang Sutradara.

Dari kanan ke kiri: Sutradara Aryanto Yuniawan, Penyanyi Angela Nazar, Prof. Suyanto, dan Telkomsel (sumber foto: Metrotvnews.com).

Pres con Epicentrum(18/8). Dari kanan ke kiri: Sutradara Aryanto Yuniawan, Penyanyi Angela Nazar, Executive Producer Suyanto, dan Telkomsel (sumber foto: Metrotvnews.com).

Pada akhir sesi konferensi pers kemarin, salah satu panelis, Prof. Suyanto (pendiri STMIK AMIKOM Yogyakarta sekaligus executive producer film ini) berpesan agar  semua orang membantu industri animasi di Indonesia. Prof. Suyanto juga lah orang yang bertemu dengan Disney dan kemudian mengajak perwakilan dari Disney melihat-lihat studio MSV Pictures. “Industri animasi Indonesia stuck, tertinggal jauh dari Singapura dan Malaysia karena orang-orangnya bekerja di animasi asing semua, jadi kita kekurangan sumber daya manusia,” kemudian ia juga mengimbau agar para animator Indonesia jangan takut untuk memulai di negeri sendiri, “Ayo sama-sama kita bangun, jangan takut! film ini sudah memulainya.”

Pada awalnya, naskah Battle of Surabaya dipersiapkan untuk serial televisi nasional dengan judul “Petualangan Abdan”. Sayangnya naskah tersebut ditolak, “Saat itu saya tawarkan ke televisi nasional nggak ada yang mau,” cerita Prof. Suyanto.

maxresdefault

Ian Saybani, Reza Rahadian, dan Maudy Ayunda juga turut menjadi pengisi suara film animasi ini. Battle of Surabaya dapat kamu saksikan di seluruh bioskop Tanah Air pada 20 Agustus 2015!

@mutshiaa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s