Tak Berkategori

FRESHMOVIE – ATTACK ON TITAN

attack 2Director : Shinji Higuchi

Starring : Haruma Miura, Kiko Mizuhara, Kanata Hongo, Satomi Ishihara, Nanami Sakuraba, Hiroki Hasegawa, Shu Watanabe, Takahiro Miura, Rina Takeda, Jun Kimura

Sukses besar membuat tegang para fans manga-nya dengan aksi thriller-horror dari anime berjudul Shingeki No Kyojin, Jepang tak segan-segan mengangkat aksi para pemburu raksasa ini ke ranah live-action layar lebar! Diangkat dari manga karya Hajime Isayama, Attack on Titans menyajikan unsur orisinalitas yang luar biasa. Di tambah dengan kesuksesan adaptasi animasinya, yang di sutradarai oleh Tetsuro Araki dan Hiroyuki Tanaka, franchise ini telah berhasil menambah penggemarnya ke seluruh Dunia lewat sajian unsur horor dan aksi animasi yang mencekam dan menegangkan. Shinji Higuchi (Floating Caste, Hidden Fortress: The Last Princess) kemudian ditunjuk untuk membidani proyek besar studio TOHO ini. Meski proyek manga-nya belum terselesaikan, begitu pula dengan anime-nya yang baru saja akan memasuki musim ke-2, TOHO yakin akan keputusan untuk membagi AoT menjadi dua babak yang bagian terakhirnya akan rilis 19 September mendatang di jepang dan mengusung judul ; Attack On Titans: End of the World.

aot 1

Eren Jaeger (Miura) hidup dalam dunia yang terbatas dengan tembok pelindung. Di luar sana, terdapat lautan, padang pasir, dan dunia yang belum ia ketahui karena satu sebab, ancaman para raksasa/ titan pemakan manusia. Titan ini berbentuk layaknya manusia dengan ukuran mencapai lebih dari lima meter, mereka telanjang, tanpa alat kelamin. Titan Collosal adalah titan terbesar dengan tinggi 100 m yang telah membuat lubang pada tembok pertahanan pertama, yang mengakibatkan kota tempat Eren tinggal hancur, begitu pula dengan keluarganya. Masyarakat yang terkurung dalam benteng kemduian membuat aliansi “Titan Survey Corps” yang dilatih dan bertugas menghabisi para Titan di luar maupun yang berhasil masuk ke benteng dengan alat manuver 3D mereka. Bersama dengan kedua sahabatnya, Mikasa (Mizuhara) dan Armin (Hongo), Eren bergabung dalam corps tersebut. Hal yang tak diduga kembali datang saat Titan Collosal kembali muncul untuk merobohkan dinding kedua. Beruntungnya karena Eren telah menjadi Corps saat itu, ia ingin membalaskan dendamnya dengan membunuh Sang Titan. Naas-nya Eren nyaris mati dan malah berubah menjadi salah satu dari Titan itu sendiri. Mikasa dan Armin percaya bahwa Eren bisa mengendalikan wujud Titan-nya dan berjuang untuk mengalahkan dan mencari asal usul sumber Titan itu sendiri. Eren menjadi harapan umat manusia untuk bisa menerobos keluar dinding itu dan mengalahkan semua Titan.

aot 4

Dilihat dari segi pemain dan berbagai media promosi yang telah di sebarkan, AoT sendiri tampaknya akan banyak berbeda dengan versi manga maupun anime. Film yang telah tayang sejak 1 Agustus lalu di Jepang ini ternyata memiliki respon beragam termasuk dari para penggemar setia. Meski kurang direspon baik, TOHO dan Hajime Isayama selaku kreator mengatakan “If there are people who are unsure if they want to see the movie, first, watch the movie’s trailer, The trailer is packed with highlights.” kata Isayama pada awak media yang dilansir oleh situs Kotaku.

aot 3

Untuk karakternya sendiri, banyak fans yang mengaku kecewa karena hilangnya karakter Levi dalam jajaran pemain yang di gantikan menjadi karakter Shikishima (di perankan oleh Hiroki Hasegawa) termasuk karakter Armin yang tidak pirang. Movie reviewer Jepang juga mencantumkan bahwa beberapa karakter yang diangkat pun hanya sedikit yang memiliki kesamaan watak dengan versi manga-nya, contohnya adalah karakter Sasha, Jean dan Hans yang tampil luar biasa, Sedangkan Mikasa dan Eren, mungkin akan memiliki visi-misi yang berbeda dengan versi yang telah ada. Titan-nya sendiri pun, jika dilihat dari materi trailer-nya, dua titan “troublemaker” dikonfirmasi hadir dalam film, yakni Titan Collossal (Titan terbesar yang membuat lubang pada dinding agar titan biasa masuk.) dan Titan Armor (Titan kulit lapis baja), Sedangkan Titan perempuan yang menjadi fokus utama dalam anime season 1 sepertinya tidak hadir disini. Dari deretan kedua titan itu sendiri pun, karakter Reiner dan Berthold (Yang seharusnya menjadi karakter alter-ego dari Titan Collossal dan Armor) tidak ada dalam jajaran pemainnya. Entah digantikan dengan jajaran pemain lain, atau diceritakan tidak memiliki alter-ego.

aot 5

Sedangkan untuk storyline sendiri, AoT tetap setia dengan sumber aslinya. Nah, berhubung versi manga-nya sendiri pun belum tamat, film ini sepertinya akan menyajikan ending yang tidak jauh beda, mengingat Hajime masih melakukan pengawasan pada penulisan naskahnya agar tidak melenceng terlalu jauh dari manga-nya. Tentunya hal seperti ini juga pernah terjadi pada film Death Note karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata yang akhir filmnya ternyata tidak jauh berbeda dengan versi manga. Sekarang, para fans luar negerinya hanya bisa berharap-harap cemas akan kisah live-action ini agar tidak terlalu melenceng dari versi asli. Jika melenceng, tentunya mereka berharap alur yang lebih baik. Untuk penonton yang masih awam, bersiaplah terkejut dengan kehidupan masyarakat di balik benteng ini.

eren

Jalan ceritanya yang kreatif, dan menyajikan horor yang tidak biasa. Juga berbagai twist yang dihadirkan akan membuat kita penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi pada dunia AoT. Ditambah lagi nuansa horrorthriller yang ada, terkesan mencekam dan mengintimidasi! Berbeda dengan film yang kajiu-sentris seperti Pacific Rim atau Godzilla, Titan tidak sebesar dan secepat monster-monster tersebut. Mereka juga tidak memiliki kekuatan supranatural seperti hantu. Justru disinilah Hajime Isayama berhasil mempermainkan emosi penonton lewat manusia raksasa. Untuk kamu yang membutuhkan hiburan horrorthrilleraction yang lain dari film kebanyakan. Cocok banget nonton Attack On Titans! 😀

@arifrubbiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s