Tak Berkategori

FRESHMOVIE – MENCARI HILAL

bapak-dan-anak-beda-pandangan-mencari-hilalDirector  : Ismail Basbeth

Starring  : Oka Antara, Deddy Sutomo, Torro Margens, Eryhrina Baskoro

Apa jadinya jika ayah dan anak yang berbeda pandangan hidup melakukan perjalanan panjang dalam mencari hilal? Heli (Oka Antara) sudah lama kabur dari rumah guna menghindar dari Sang Ayah, Mahmud (Deddy Sutomo). Kritisme sekuler liberal kepada Ayahnya yang menjunjung Islam sebagai segala solusi persoalan hidup, dianggap sesat, hal itu yang membuat Mahmud tak lagi menganggap Heli sebagai anaknya. Heli yang seorang aktivis lingkungan hidup ingin bergabung dengan para aktivis di Nikaragua setelah bertepatan dengan libur lebaran, namun paspornya telah kadaluarsa. Menemani Ayahnya dalam perjalanannya mencari hilal adalah syarat dari sang kakak yang bekerja di imigrasi jika paspornya ingin diurus tepat waktu.

Mahmud yang bertahun-tahun dikenal sebagai seorang pendakwah,  bersikeras mencari hilal dengan cara tradisi pesantrennya yang telah bubar puluhan  tahun lalu,  dikarenakan isu sidang isbat Kementerian Agama menelan dana 9 milyar untuk menentukan hilal. Ia ingin membuktikan bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri. Hilal bisa ditentukan tanpa harus menelan biaya milyaran.

hilaldlm

Tak tanggung-tanggung, 3 production house ikut berkolaborasi dalam film ini: Mizan Productions, Multivision Plus, dan Dapur Film. Ketiganya mengaku bergabung karena memiliki visi misi yang sama. Menciptakan film ini bukan hanya sekadar liburan, tapi juga upaya mensosialisasikan Islam sebagai agama yang toleran kepada masyarakat.

Beginilah latar belakang pembuatan film Mencari Hilal. Dari 4 sinopsis yang disediakan Hanung Bramantyo kepada Ismail Basbeth (saat persiapan Another Trip to the Moon), dipilih oleh Mas Ismail judul Mencari Hilal ini, karena temanya yang memiliki kedekatan cerita dengan dirinya. “Simple-nya gini, bagaimana mungkin saya bikin film yang dimengerti & menyentuh orang, kalua saya sendiri tak tersentuh?” begitu terangnya di akun Twitternya (@ismailbasbeth).

Ya, kami pikir ide film ini juga sangat dekat alias ‘ngena’ di hati anak muda jaman sekarang! Pesatnya perkembangan jaman membuat kedua generasi yang berbeda mempunyai cara yang berbeda pula dalam menyikapi apa-apa yang menyangkut agama. Anak muda jaman sekarang tak mempan hanya disuapi dengan dogma-dogma, kami butuh pengertian yang lebih humanis, bukan?

Mencari-Hilal-Film

Sutradara Ismail Basbeth juga menegaskan bahwa Mencari Hilal bukanlah film religi. Mencari Hilal tidak berkonsentrasi pada kasus sidang isbat, namun lebih universal, lebih mengangkat kepada nilai-nilai keluarga dihadapkan dengan masalah agama yang menjadi latarnya. Berikut penjelasan singkat Oka Antara mengenai hal tersebut:
“Saya berperan sebagai Heli, seorang aktivis Islam liberal, yang bertolak belakang dengan ayahnya yang Islam konservatif, namun diberikan kesempatan untuk bertemu bersama, untuk mencari hilal,” ungkap Oka Antara, saat ditemui di Pejaten Village (metrotvnews.com). “Sebenarnya komunikasi yang tersendat akan menghasilkan hubungan yang rapuh. Ini sebenarnya yang coba disampaikan oleh film ini melalui cerminan ayah dan anak ini,” ujarnya saat menghadiri pemutaran film Mencari Hilal di Jakarta, Kamis (9/7/2015), dilansir dari Bisnis.com.

Mencari-Hilal-1-620x330

Berhasilkah keduanya mencapai tujuan masing-masing tepat waktu: Heli mendapatkan paspornya; Mahmud melihat hilal? Mungkinkah perjalanan ini dapat menautkan kedua hati yang terpisah ini kembali sebagai keluarga?

Dan, yang pastinya banyak nilai moral dan hikmah dalam film ini yang bisa kamu ambil bagi kamu yang juga merasakan hal yang sama, Cinefellas! 😀 Mencari Hilal sudah bisa kamu saksikan di bioskop-bioskop seluruh Indonesia ketika suasana lebaran nanti, mulai 15 Juli 2015 🙂

@mutshiaa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s