Tak Berkategori

WHAT WE SAY – TERMINATOR GENISYS

Director: Alan Taylor

Cast : Arnold Schwarzenegger, Jason Clarke, Emilia Clarke, Jai Courtney, Bryant Prince, J.K Simmons

Tanggal 24 Juni 2015 kemarin, lanjutan film Terminator terbaru rilis di Indonesia. Film yang berjudul Terminator Genisys ini merupakan film kelima semenjak tahun 1984 dibuat film pertamanya.Nah, dengan adanya Terminator Genisys yang turut meramaikan bioskop…apakah film ini mampu menggeser film lain yang sedang hot πŸ˜€ ? Berikut ini kami sajikan ulasan dari Terminator Genisys !

Para Tokoh

Sarah Connor

Emilia-Clarke-Terminator-Genisys-1-600x373Ibu Sang Penyelamat, istilah yang dapat diberikan pada karakter Sarah Connor. Kemunculan karakter Sarah Connor terakhir kali terlihat pada Terminator 2: Judgment Day, kala itu karakter ini masih diperankan oleh Linda Hamilton sejak film pertamanya. Hal yang unik dalam Sarah Connor pada film Terminator Genisys adalah bahwa Emilia Clarke memiliki wajah yang cukup mirip dengan Linda Hamilton pada film Terminator (1984), hal ini terlihat dari adegan yang memperlihatkan foto Sarah Connor (Clarke) seperti versi Hamilton.Bisa dibilang wajah Clarke adalah versi modern Hamilton. Porsi karakter Sarah Connor disaijkan dengan porsi yang lumayan banyak, Kyle Reese yang diperankan oleh Jai Courtney dikirim ke 1984 untuk melindungi Sarah, namun apa daya bahwa realita yang terjadi ternyata sangat berbeda dengan yang dikira oleh Kyle sewaktu ia akan dikirim ke tahun tersebut.Sarah yang ia temui adalah seorang wanita tangguh yang paham dengan pertarungan dan persenjataan, wow ! Berbanding terbalik dengan bayangannya bahwa ia akan bertemu dengan sosok gadis yang lemah.

Kyle Reese

kyle reeeseKyle Reese kembali dikirim dari masa depan, yup, kita pernah melihat Reese yang dikirim dari masa depan pada film pertamanya. Kala itu Kyle Reese diperankan oleh Michael Biehn, memiliki tugas yang sama untuk melindungi Sarah Connor, Kyle Reese versi Genisys diperankan oleh Jai Courtney. Aktor yang postur dan wajahnya mirip pesepakbola Inggris, Rickie Lambert ini memiliki peran yang cukup sentral dalam film. Ia bercerita bahwa ia adalah seorang prajurit yang pernah diselamatkan oleh John Connor. Kita akan melihat pula Kyle Reese versi anak – anak yang diperankan oleh Bryant Prince. Kyle Reese disini memiliki memori di kepalanya yang merupakan alternate reality dari kondisi dunia sesungguhnya. Hal ini yang membuat Sarah Connor bingung pada awal perjumpaannya dengan Kyle Reese.

T-800

Arnold+Schwarzenegger+in+the+new+trailerNah, inilah yang menjadi keunggulan di film Terminator Genisys, ” I’ll be Back !” inilah kalimat yang pantas untuk menggambarkan kembali hadirnya Arnold Schwarzenegger di franchise film Terminator. Setelah absennya Arnie di film Terminator Salvation, seolah – olah menghilangkan identitas dari film Terminator itu sendiri. Kembali berperan sebagai T-800, kali ini ini Arnie diberi make up yang sangat bagus dimana terlihat perbedaan usia di tiap masa yang dialami oleh T-800. T-800 menjadi pelindung pribadi Sarah Connor setelah keluarganya dibunuh oleh T-1000. T-800 muncul di tahun 70-an ketika Sarah masih anak-anak,lalu ia berada di tahun 1984 ketika Kyle Reese hendak melindungi Sarah dan ia juga berada di tahun 2017 saat akan terjadi peristiwa Judgment Day. Pada tiap tahun kemunculan T-800, Arnold dibekali make up yang sesuai dengan kondisi umur, dari yang termuda sampai dengan menyesuaikan pada usianya sekarang dengan rambut yang putih. T-800 terlibat banyak pertempuran, diantaranya dengan T-1000 dan John Connor yang telah menjadi Skynet. Pada penghujung film kita akan disuguhkan dengan T-800 yang berbeda, dan pastinya sangat keren πŸ˜€

John Connor

t3000Pemimpin dari gerakan Resistance, itulah John Connor. Dengan muka yang dihiasi oleh codet bekas pertempuran, karakter John Connor disini menjadi tokoh yang menginspirasi para pejuang Resistance untuk menghancurkan Skynet. Diperankan oleh Jason Clarke pada film ini memunculkan rekor baru dalam pemeran sebuah tokoh, dalam hal ini John Connor. Semenjak kehadiran karakter John Connor yang diperankan oleh Michael Edward di film pertama , karakter ini diperankan oleh aktor – aktor yang berbeda sampai dengan film kelima. Pada film Terminator 2 diperankan oleh Edward Furlong yang kemudian dilanjutkan oleh Nick Stahl di film ketiga dan pada Terminator Salvation karakter ini diperankan oleh Christian Bale. Telah terjadi banyak pergantian aktor pada karakter John Connor. Selain itu, kita akan melihat sisi lain karakter John Connor dimana pada film ini ia akan berperan antagonis. Semua berawal dari serangan Skynet yang berwujud manusia kepada John Connor, selain dipilih sebagai harapan terakhir manusia, ternyata ia juga dipilih sebagai harapan terakhir Skynet. Skynet akhirnya merubah wujud John menjadi manusia hibrida dengan kemampuan yang jauh lebih hebat dan menyeramkan daripada T-1000.

Storyline

arnold smiling

Dari adegan awal film, film ini kembali mengingatkan kita pada film Terminator 1 dan 2 dimana terdapat sebuah penggambaran Human Resistance melawan Skynet dengan teknologi senjata laser. Pada Terminator Salvation,para Resistance masih menggunakan senjata api biasa. Setting waktu masa depan Terminator Genisys adalah tahun 2029, tidak heran apabila diceritakan bahwa manusia sudah memiliki teknologi senjata laser tidak seperti Terminator Salvation yang bersetting pada tahun 2018 dimana manusia masih mencari cara alternatif untuk menghentikan para Terminator dengan senjata yang seadanya. Kita juga diajak berpetualang melintasi waktu dimana pada tiap era terdapat villain nya masing – masing, pada tahun 1984 para jagoan akan berhadapan dengan T-1000 yang diperankan oleh Byung-hun Lee. Sementara pada tahun 2017, para jagoan berusaha menghentikan program Genisys yang berada di seluruh perangkat elektronik, dalam hitungan jam program tersebut akan memulai perang nuklir, sehingga para jagoan dikejar dengan waktu.

Alternate Reality/ Universe

indexBukan hal yang asing pada film Hollywood dalam menyajikan storyline yang memiliki alternate reality/universe. Alternate Reality/Universe adalah sebuah kondisi dimana dunia berubah karena kejadian yang terjadi pada ruang dan waktu hal ini bisa kita lihat pada film Back To the Future dan X-Men: Days Of Future Past dimana kondisi dunia berubah setelah adanya kejadian yang mempengaruhi dimensi ruang dan waktu. Alternate Reality dalam film ini disajikan melalui kisah kembalinya Kyle Reese ke tahun 1984 dimana ia justru menemukan kondisi Sarah Connor yang jauh dari perkiraannya. Kyle Reese harus berhadapan dengan kenyataan bahwa Sarah Connor yang ia temukan bukanlah Sarah yang sangat membutuhkan perlindungan karena Sarah dikawal dengan baik oleh T-800 sejak masih anak – anak. Selain itu terdapat dua orang Kyle Reese dalam film ini, satu yang berasal dari masa depan dan satunya merupakan anak – anak, mirip dengan kondisi Trunks di serial kartun Dargon Ball pada saat ia datang dari masa depan. Dan yang paling utama dalam film ini adalah Skynet, Skynet disini memiliki wujud manusia yang akhirnya membuat John Connor menjadi jahat, di keempat film sebelumnya Skynet hanya digambarkan sebagai sebuah program yang menghancurkan manusia tanpa ada perwujudan yang jelas.Meskipun cerita yang disajikan seperti memutar-mutar cerita, namun film ini tidak hanya mengembalikan memori kekaguman kita pada karakter T-800 yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger, lebih dari itu Terminator Genisys adalah jawaban dari teka – teki yang selama ini dilontarkan oleh para penggemar di film – film sebelumnya πŸ™‚

@D_Sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s