Tak Berkategori

WHAT WE SAY – JURASSIC WORLD

jurassic world

Director : Colin Trevorrow

Starring : Chris Pratt, Bryce Dallas-Howard, Vincent D’Onofrio, Ty Simpkins, Nick Robinson, Irrfan Khan, Jake Johnson, Judy Greer, Omar Sy, BD Wong, Lauren Lapkus, Brian Tee, Katie McGrath

Dinosaurus kembali!! Sudah 14 tahun lamanya kita tidak berjumpa dengan Tyrannosaurus Rex dan kawan-kawan. Dan setelah menunggu lama, ditambah dengan gangguan lainnya yang terjadi selama masa produksi seperti development hell, hingga gonta-ganti penulis naskah, JURASSIC WORLD akhirnya menyapa seluruh penggemar lama nya, sekaligus berusaha mendapatkan sebanyak mungkin fans baru mulai bulan Juni ini. Mengusung dua hal yang menjadi tombak utama film ini ; taman yang sudah berfungsi penuh, dan dinosaurus yang lebih “bigger, louder, and has more teeth”, apakah dua hal ini berhasil kembali mengangkat pamor franchise “Jurassic Park” setelah flop di film ketiga? Kurang lebih iya.

pratt

But first of all, let’s start with the things that make this movie is uber cool ; Chris Pratt, and Bryce Dallas-Howard! Menurut kami, mereka adalah duo terbaik, hampir setara dengan Charlize Theron dan Tom Hardy di film “Mad Max : Fury Road”. Chris terlihat sangat apik berperan sebagai Owen Grady, salah seorang staff JURASSIC WORLD yang juga merupakan mantan tentara NAVY. Chris, yang sukses memerankan Star Lord di “Guardian of The Galaxy” kembali menunjukkan seluruh talentanya di film ini. Dia sangat karismatik, memiliki kemampuan fisik yang baik, dan juga berhasil menyisipkan humor ( yang mana menjadi ciri khas-nya ) di film setegang ini. Setiap adegan dimana Owen berada dalam satu frame dengan 4 Velociraptor ( Blue, Alpha, Echo, dan Delta ), kemudian adegan saat seekor Brontosaurus mati di lengannya adalah salah satu scene yang paling emosional yang pernah kami lihat. Sesuatu yang baik tentunya ketika mendengar berita bahwa Ia akan kembali bermain di sekuel JURASSIC WORLD, karena sekarang kita semua tahu bahwa Chris Pratt adalah seorang aktor yang FAN-TAS-TIS!

bryce

Bagaimana dengan lawan mainnya? Bryce Dallas-Howard berperan sebagai Claire, orang yang memegang kendali dan tanggung jawab penuh terhadap operasional taman. Sejauh yang ditampilkan di trailer, banyak yang skeptis sekaligus penasaran dengan karakternya, namun di film, Bryce membayar semua tanggapan tersebut dengan performa yang memukau, walaupun yah.. kami yakin itu terasa sangat melelahkan. Bryce berhasil memerankan tokoh Claire, yang pada awalnya seperti batu karang, mendasarkan semua hal pada analisis statistika, dan kepentingan bisnis semata, menjadi orang yang sadar sesadar-sadarnya bahwa apa yang Ia lakukan selama ini adalah sesuatu yang keliru. Selain itu, Bryce juga berhasil melakukan banyak tantangan lainnya selama film bergulir, termasuk berlarian kesana-kemari menggunakan high heels! Awalnya kami mengira itu sebuah ketidak-sengajaan, namun itu memang benar terjadi. Kepada kanal Clevver Movies, Bryce mengaku menggunakan sepatu tersebut, berlarian di dalam taman, dan beruasaha untuk tidak mencederakan ankle-nya walaupun Ia sedang dikejar oleh T-Rex. Wow.. salut!! 😀

pratt 2

Selain dua pemeran utama yang sangat kuat dan solid, JURASSIC WORLD juga berhasil menyenangkan para fans lama nya. Memang ada banyak hal baru, yang mana sangat kekinian, yang ditampilkan di dalam taman, which is good. Namun, JURASSIC WORLD tetap menghargai pendahulunya, dengan cara yang sangat terhormat. Beberapa adegan juga terasa klasik, seperti saat para pengunjung berada dekat dengan dinosaurus-dinosaurus herbivora di padang rumput, dan saat-saat terakhir film, yang mana walaupun terkesan agak sadis, tapi memang seharusnya begitu. Cara Owen dan Claire melawan Indominus Rex, dimana mereka sama sekali tidak menggunakan alat bantu apapun seperti handphone adalah cara yang brilian! Sangat klasik, dan kita sangat menyukainya! Tidak, kita tidak ingin spoiler disini :p

mosa

Berikutnya yang hebat dari film JURASSIC WORLD adalah dinosaurusnya. Mosasaurus yang besar, Pterodactyl yang sukses menyebar teror dari angkasa, Velociraptor yang kembali membuktikan bahwa ukuran bukan segalanya, dan sang musuh utama, Indominus Rex. Khusus Indominus Rex, dinosaurus mutan hibrida ini ditampilkan dengan cara yang mengerikan, intimidatif, sekaligus keren. Kemampuannya untuk mengelabui manusia, bahkan hingga mengelabui seorang Owen Grady di awal-awal film, membuat I-Rex begitu dominan, dan sangat cerdas. Kemampuannya berkamuflase sedikit membingungkan, tapi dengan fakta bahwa ia adalah dinosaurus ber-gen campuran, hal itu menjadi lumrah. Tidak mengherankan bila butuh tiga dinosaurus dari tiga jenis berbeda sekaligus untuk menumbangkannya. Namun, sadarkah kamu kalau inilah salah satu kelemahan JURASSIC WORLD?

(L to R) NICK ROBINSON and TY SIMPKINS star in the movie "Jurassic World", the long-awaited next installment of Steven Spielberg's groundbreaking "Jurassic Park" series. Colin Trevorrow directs the epic action-adventure from a draft of the screenplay he wrote with Derek Connolly. Frank Marshall and Pat Crowley join the team as fellow producers, and Spielberg returns to executive produce. "Jurassic World" will be shot in 3D and released by Universal Pictures on June 12, 2015. Photo Credit: Chuck Zlotnick/Universal Pictures and Amblin Entertainment, Inc.

Okay, kembali ke awal, film ini ingin menampilkan sesuatu yang lebih besar, dan lebih buas. Dan hal ini secara jelas ditunjukkan lewat dinosaurus-dinosaurus mereka. Namun, sayangnya ini seperti senjata makan tuan. Dalam kasus Indominus Rex misalnya, bagaimana mungkin sekelompok ilmuwan mau menciptakan dinosaurus jadi-jadian yang sangat pintar dan kuat, namun tidak memperkirakan akan seberapa bahayanya makhluk ini kedepannya? Hanya mengandalkan pelacak, dan satuan khusus untuk melumpuhkan dinosaurus sebuas dan lebih besar dibanding T-Rex? Are they a bunch of idiots? Hal lain yang menjatuhkan film ini adalah ceritanya, dimana ada karakter yang seharusnya tidak mendapatkan porsi terlalu banyak. Sayang, karakter yang kami maksud adalah dua kakak-beradik, Zach dan Gray. kami juga tidak suka cara mereka mengakhiri hidup Simon Masrani. It’s so odd, and so lazy 😦

jurassic

Kami tidak tahu apakah ini diakibatkan konflik yang melanda para scriptwriter di belakang layar, namun sisi penceritaan JURASSIC WORLD memang lemah. Dan inilah yang membuat film ini terkesan hanya mementingkan, dan menonjolkan dinosaurus-nya yang : “bigger, louder, and has more teeth“. Yes, they can easily eat the Box Office alive, although without no bite.

@adam_sarga

Advertisements

2 thoughts on “WHAT WE SAY – JURASSIC WORLD

  1. Katanya kan DNA dinosaurus yang mau diciptain berasal dari darah yg ada di badan nyamuk… Lah pegimana dengan Mosasaurus yang sehari2 hidup di air?

    *banyak yang bahas soal “plot hole” ini*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s