Tak Berkategori

FRESHMOVIE – ANOTHER TRIP TO THE MOON

trip 4Director : Isamel Basbeth

Starring : Tara Basro, Ratu Anandita, Cornelio Sunny, Endang Sukeksi, Mila Rosinta Totoatmojo

Ada seorang bijak berkata : “don’t fight for money but fight for passion. Then your passion will give you money out of your expectation.” Well, sepertinya ini yang coba dibuktikan oleh sineas Ismael Basbeth, sutradara film ANOTHER TRIP TO THE MOON. Walaupun merupakan sebuah film ber-budget “nol besar”, Ismael memiliki modal yang tak ternilai harganya saat menggarap film ini, yaitu ide yang brilian, semangat, dan cinta akan passion nya di bidang film. Hasilnya? Film yang juga berjudul “Menuju Rembulan” ini berhasil pergi menuju rembulan yang sesungguhnya 🙂

trip 7

Ya, film ANOTHER TRIP TO THE MOON berhasil diputar di salah satu festival perfilman bergengsi Dunia, International Film Festival Rotterdam ( IFFR ) pada tanggal 21 Januari hingga 1 Februari 2014 lalu. Film ini berhasil masuk kedalam kompetisi yang fokus terhadap film panjang pertama dan kedua dari setiap sutradara. FYI, Christopher Nolan – yang terkenal dengan film-film blockbuster seperti “Interstellar”, dan “Inception” –  termasuk alumnus IFFR juga lho! Sutradara berkebangsaan Inggris ini tercatat pernah berlaga di ajang yang sama lewat film ‘The Following” di tahun 1998. Ismael Basbeth sendiri menjadi sutradara Indonesia ketiga yang filmnya berlaga di ajang tersebut. Prestasi ini tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri di tengah ketidak-jelasan nya perfilman nasional.

trip 5

Masuk ke cerita, ANOTHER TRIP TO THE MOON membawakan sebuah kisah yang tidak biasa. The Hollywood Reporter dalam artikelnya menulis bahwa film ini berhasil membawakan sebuah keajaiban tentang mitos Indonesia, yang disajikan dengan cara yang “eksotis”! Film ini menceritakan tentang seorang anak dukun bernama Asa, yang berjuang untuk mendapatkan kebebasan hidup. Asa kemudian memilih untuk tinggal jauh di dalam hutan bersama Laras. Mereka berdua kemudian hidup menyatu dengan alam sekitar, mulai dari mandi di sungai, hingga memakan makanan hasil buruan sendiri, semuanya dilakukan oleh Asa dan Laras. Layaknya pasangan kekasih, mereka berdua saling melengkapi satu sama lain, hingga Laras tertimpa sebuah musibah yang membuat Asa hidup seorang diri. Suatu hari, Asa-pun dijemput oleh orang utusan ibundanya, yang ingin membawa Asa kembali ke kota. Dan setelah itu semuanya menjadi berubah.

trip 3

Film yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu tidak menggunakan dialog ini,  berusaha untuk mengadaptasi dan membuat presentasi ulang atas beberapa dongeng, cerita legenda dan mitos-mitos yang ada di Indonesia, terutama cerita “Dayang Sumbi”. Kepada kanal Muvilaz.com, Ismael menuturkan bahwa Ia ingin mempelajari tradisi tutur ini dengan cara melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, dan melakukan adaptasi dan koreksi atas hal yang terjadi dalam cerita-cerita tersebut. Selain itu, Ismael juga berusaha membuat ANOTHER TRIP TO THE MOON sebagai film yang surreal. Ini ditunjukkan dengan adegan-adegannya yang kerap menggunakan medium lain, yang mana menjadi keistimewaan film.

trip 1

So, bagi kamu yang sudah peansaran sama “trip” yang satu ini, ANOTHER TRIP TO THE MOON mulai diputar di Kineforum Jakarta mulai tanggal 12 JUNI ini! Let’s go!! 😀

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s