HYPE

HYPE – Cannes : ‘Dheepan’ Wins Palme d’Or, Best Actress Tied!

cannes

Festival Film Cannes tahun ini telah berakhir. Dengan segala kontroversi yang terjadi, seperti saat pemutaran film ‘Carol’, dan ‘Amy’, bisa dibilang Festival Cannes tahun ini adalah milik film-film tuan rumah. Ini dikarenakan film DHEEPAN, karya sineas Jacques Audiard berhasil keluar sebagai juara dengan meraih Palem Emas. Film Perancis lainnya yang meraih penghargaan di ajang tahun ini adalah ‘The Measure of A Man’ dengan penghargaan aktor terbaik nya yang diberikan kepada Vincent Landon, dan ‘Mon Roi’ yang menyabet penghargaan aktris terbaik untuk Emanuelle Bercot.

dheepan 4

Dalam speech-nya, sutradara Audiard sedikit bercanda dengan berkata : “thank you, Michael Haneke, for not making a film this year,”. Audiard berkata demikian karena sutradara asal Austria tersebut selalu mengalahkan Audiard di ajang yang sama, dua kali pula ( 2009 & 2012 )! Audiard menerima penghargaan Palem Emas bersama dua pemeran utama DHEEPAN, Antonythasan Jesuthasan dan Kalieaswari Srinivasan, yang dua-duanya menjadikan film ini sebagai debut pertama mereka di layar lebar.

dheepan

DHEEPAN berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga pengungsi Sri Lanka yang ada di Paris. Setelah pemutarannya di Cannes, DHEEPAN menuai respon yang beragam. Ada beberapa yang merasa kurang antusias dengan film ini, namun tidak sedikit juga yang memuji. Joel dan Ethan Coen, yang merupakan co-president dan juga juri dari pegelaran tahun ini menyatakan antusiasme mereka. “Kami semua berpikir bahwa itu adalah film yang indah”, kata Ethan Coen mengenai film ini. Joel-pun menambahkan, “this isn’t a jury of film critics. This is a jury of artists looking at the work.”

carol

Penghargaan lain yang menarik perhatian adalah pada Best Actress yang dimiliki oleh dua aktirs sekaligus, alias imbang! Ya, Best Actress tahun ini dimenangkan oleh dua nama : Emanuelle Bercot, dan Rooney Mara. Rooney mendapatkan penghargaan ini atas penampilannya yang menakjubkan di filM ‘Carol’, yang mendapatkan banyak feedback positif! Bahkan banyak pengamat pula yang menjagokan film yang mengisahkan kisah cinta pasangan lesbian ini untuk masuk nominasi Oscar tahun depan! Tak pelak banyak yang malah menjagokan Rooney untuk memenangkan penghargaan ini, dan membaginya dengan Cate Blanchett, partner in crime-nya di dalam film.

son of saul 2

Untuk penghargaan Grand Prix atau “runner-up” kompetisi diraih oleh film SON OF SAUL. Film ini merupakan debut penyutradaraan sineas Hungaria, Laszlo Nemes. Namun, walaupun masih “hijau”, para juri  berhasil terpukau akan kisahnya yang menceritakan tentang drama Holocaust. “Ketika selesai menonton film ini, kami memiliki momen yang panjang akan refleksi dan keheningan”, ujar Xavier Dolan, salah satu juri. Juri lainnya, Sienna Miller berujar bahwa SON OF SOUL adalah film yang luar biasa.

the lobster

Dan untuk penghargaan Jury Prize atau juara ketiga diraih oleh THE LOBSTER karya sutradara Yunani, Yorgos Lanthimos. THE LOBSTER merupakan film sci-fi  dari sebuah kisah cinta yang nyata. Bersetting di masa depan, film ini menceritakan saat pernikahan dan prokerasi adalah sebuah hal yang wajib hukumnya. Bagi yang “single”, mereka akan diberi waktu 45 hari untuk mencari pasangan, dan jika tidak berhasil mendapatkannya akan mendapatkan sebuah hukuman. Film yang dibintangi oleh Colin Farrell dan Rachel Weisz ini telah diakusisi oleh Alchemy di saat festival berlangsung untuk didistribuskan di wilayah Amerika Utara. Selamat untuk para pemenang!! 😀

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s