FRESHMOVIE

FRESHMOVIE: GURU BANGSA TJOKROAMINOTO

Reza Rahadian bisa dibilang menjadi salah satu aktor yang bisa memerankan sosok hebat negeri ini. Hal itu telah dibuktikan melalui perannya sebagai BJ. Habibie dalam Habibie dan Ainun yang memukau banyak orang. 9 April 2015, Reza Rahadian sekali lagi menjawab tantangan memerankan sosok hebat bangsa dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Potensi besar Reza kali ini diarahkan oleh salah satu sutradara terbaik Indonesia, Garin Nugroho (Cinta dalam Sepotong Roti, Mata Tertutup, Soegija). Sebuah kolaborasi yang tentunya sangat patut untuk dinanti.

332412_620_tempocoGuru Bangsa: Tjokroaminoto menceritakan jalan hidup seorang Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, seorang tokoh yang menjadi guru bagi para pendiri bangsa seperti Soekarno, Muso, Kartosuwiryo, dan Tan Malaka, seorang lelaki yang disebut sebagai “Raja Tanpa Mahkota”. Tjokroaminoto dikenal sebagai seorang orator yang pidatonya selalu disesaki oleh masyarakat Jawa di mana pun dan kapan pun. Orasinya adalah seruan yang menggetarkan hati. Film ini menceritakan mengenai jejak perjuangannya untuk menciptakan perbaikan di tanah Indonesia melalui Sarekat Islam, organisasi massa bumiputera terbesar pertama yang mengilhami lahirnya organisasi massa lainnya untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Film ini punya modal yang cukup besar untuk menjadi film yang sangat layak dinanti. Pertama, Garin Nugroho duduk di kursi sutradaranya. Seperti yang kita tahu, Garin adalah salah satu sutradara terbaik yang dimiliki negeri ini. Hal ini terbukti dari pencapaiannya di perfilman nasional dan internasional melalui film-filmnya sebelumnya. Kedua, nama-nama besar perfilman Indonesia terlibat di sini memerankan karakter-karakter hebat bangsa, seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Alex Komang (alm.), Sudjiwo Tedjo, dan Chelsea Islan. Ketiga, Garin Nugroho sebagai sutradara melakukan keputusan yang unik di film ini, yaitu menjadikan akting para pemerannya setara, tanpa ada yang sangat mendominasi. Keputusan itu membuatnya harus membuang 30 menit akting Christine Hakim yang sangat luar biasa agar tidak terlihat terlalu dominan. Menarik, bukan? Terakhir, OST. film ini, “Terang Bulan”, akan dinyanyikan oleh Reza Rahadian dan Putri Ayudya, yang juga berperan dalam film. Satu hal yang menjadikannya lebih spesial adalah iringan musik oleh Andi Rianto, salah satu komposer musik terbaik Indonesia. Jadi, bukankah karya dari anak-anak bangsa terbaik ini patut untuk kita nantikan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s