FRESHMOVIE

FRESHMOVIE : FILOSOFI KOPI

Director : Angga Sasongko

Starring : Ciccho Jerikho, Rio Dewanto, Julie Estelle

Dari banyaknya film Indonesia yang rilis tahun ini, bisa dibilang Filosofi Kopi adalah yang paling menarik dan pastinya, sangat ditunggu. Setidaknya ada lima alasan mengapa film ini tidak boleh dilewatkan begitu saja :

filkop posterPertama, karena disutradarai oleh Angga Sasongko, yang berhasil membawa “Cahaya dari Timur : Beta Maluku” berjaya di FFI 2014. Kedua, jajaran pemainnya adalah aktor dan aktris papan atas Indonesia, baik untuk generasi sekarang, seperti Ciccho Jerikho, Rio Dewanto dan Julie Estelle, maupun dari generasi “senior”, seperti Slamet Rahardjo, dan Jajang C. Noer. Sutradara kondang, Joko Anwar – pun ikut bermain disini. Ketiga, Filosofi Kopi merupakan film yang diangkat dari buku karya Dewi Lestari, yang selalu menuai sukses pasca kisahnya diangkat ke layar lebar. Keempat, film ini bisa saja mengikuti jejak “Tabula Rasa” yang menjadikan cita rasa sebagai tombak utama hingga sukses di banyak festival dunia. Bedanya, kali ini yang jadi “jualannya” adalah kopi, yang kini ( lima ), sedang digandrungi banyak orang, bahkan telah menjadi gaya hidup.

filkop 3Film yang sudah tayang “midnite show” akhir pekan kemarin ini menceritakan tentang pencarian jiwa dan perjalanan berdamai dengan masa lalu melalui secangkir kopi. Ini sangat terlihat jelas dari sub-judulnya : “Temukan Dirimu Disini”. Ben, merupakan seorang anak petani kopi yang juga tumbuh di lingkungan perkebunan kopi. Menginjak umur 12 tahun, Ben memutuskan pergi meninggalkan kedua orang tuanya, dan kemudian bertemu dengan Jody, yang menjadi sahabatnya. Singkat cerita, mereka membangun sebuah kedai kopi bernama “Filosofi Kopi”.

filkop poster 2Di kemudian hari, kedai tersebut terancam. Ini dikarenakan lilitan hutang yang mengancam keberlangsungan Filosofi Kopi. Saat tengah berjuang mengatasi hutang, sekaligus meredakan konflik dinatara mereka, datang sebuah tantangan dari seorang pengusaha. Tantangannya-pun tidak main-main! Jika berhasil menjawab tantangan, Ben dan Jody bisa menyelamatkan Filosofi Kopi. Dan ya, ketika semuanya seperti berjalan lancar, ternyata itu belum cukup. Bahkan, tidak ada apa-apanya.

Ada beberapa inovasi yang dibuat oleh tim produksi Filosofi Kopi sebagai upaya mendekatkan diri dengan calon penonton. Pertama, seperti yang kita tahu, film ini megklaim sebagai “user generated movie”. Jadi, netizen bisa ikut berpartisipasi dan memberikan masukan sebagai produser digital dalam proses produksi.  Ini bisa Anda lihat dari detail dan desain yang ada di Filkop. Kedua, mereka juga membuat sebuah “coffe truck”, yang beroperasi pada waktu-waktu tertentu, dan tentunya anda bisa nongkrong sambil ngopi-ngopi lucu disana. Dan ternyata, proyek Filosofi Kopi tidak berhenti di bioskop! All Film Magz edisi Maret menulis bahwa kedai Filosofi Kopi yang terletak di depan Blok M Square akan terus beroperasi, bahkan setelah filmnya selesai diputar. Asyik! Jadi ada tonkrongan baru nih, gengs! 😀

Oiya, satu lagi! Original soundtrack Filosofi Kopi juga bakal keren banget karena diisi oleh lagunya Maliq and D’Essentials yang berjudul “Semesta” loh! Liat vidklip-nya disini :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s